Tampilkan di aplikasi

Biar nggak kaku di tempat baru

Majalah Hai - Edisi 23/2016
30 Mei 2016

Majalah Hai - Edisi 23/2016

Kalau kuliah nanti berarti kita bakal masuk di lingkungan baru nih. Nanti gimana ya biar terbiasa di lingkungan baru? / Foto : Doc.Hai

Hai
Tempat baru emang sering bikin kita canggung. Bingung mau kemana, dan yang paling ribet kadang bingung mau ngobrol sama siapa. Sering kali disaat bingung karena nggak ada temen ngobrol, kita justru sibuk dengan gadget dan malah ngobrol sama temen lama. Tapi kalau kita begitu mulu, kapan dapet temen barunya? Alhasil, kita malah nggak bisa berbaur nanti.

Bersikap dan Pasang Wajah Ramah Hal pertama yang harus kita lakukan saat bersosialisasi di tempat baru adalah menunjukan sikap ramah. Tapi kita juga nggak perlu terlalu mengumbar senyum, yang ada malah jadi aneh. Pasang aja wajah ramah dan bersahabat. Sebagai orang baru, adalah hal yang wajar kalau kita belum banyak mengetahui keadaan dan aturan yang ada di lingkungan baru.

Orang yang baru mengenal kita bakal respek kalau kita memperlihatkan kesan pertama yang baik dan menyenangkan. Ingat Nama Kenalan Baru Ini tuh bisa jadi hal yang cukup sulit kita lakukan. Apalagi kalau kita tipikal yang gampang lupa. Tapi ini harus kita lakukan supaya orang yang baru kenalan dengan kita merasa dihargai. Ini merupakan cara yang paling simple dan menunjukkan sikap hormat dan akan membuat orang lain merasa penting.

Walaupun membutuhkan usaha yang besar untuk mengingat nama setiap orang, tapi kita bisa loh mengusahakannya dengan meminta kontak seseorang yang baru kita ajak kenalan dan langsung menamainya. Ini juga bisa membantu kita mengingat nama dan wajah dari foto masingmasing kotak yang kita simpan.

Natural dan Apa Adanya Biar bisa bersosialisasi di lingkungan baru, kita sebaiknya bersikap natural dan apa adanya. Jadi diri sendiri, dan jangan berlebihan dalam berbicara atau bersikap. Karena kalau kita terlalu lebay, orang yang baru kenal dengan kita bakal ilfeel dan sebel dengan kita. Jangan sampai kita dianggap sombong atau sok tahu karena terlalu cerewet dan nggak jadi diri sendiri.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI