Tampilkan di aplikasi

MOS semi militer

Majalah Hai - Edisi 30/2016
2 Agustus 2016

Majalah Hai - Edisi 30/2016

Di sekolah taruna, MOS tuh nggak jauh dari pelatihan fisik dan ketangkasan sekaligus. Siswa baru dilatih biar punya semangat kepemimpinan. / Foto : All Photos Taken

Hai
PDKS? Wah mungkin masih pada asing ya sama kata PDKS. Nah, PDKS ini nama lain dari MOS (Masa Orientasi Siswa). Di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, kegiatan MOS dikenal dengan PDKS yaitu Pendidikan Dasar Kepemimpinan Siswa. Jika biasanya MOS hanya tiga hari, kalau di Taruna PDKS dilaksanakan selama satu bulan full. Kata MOS terkenal banget nih di bulan Juli. Soalnya ini adalah bulannya anak baru masuk sekolah dari TK sampai SMA. Sedikit berbeda cerita MOS yang kami kenal dengan PDKS di SMA Taruna. Sebelum PDKS tentunya ada tes dulu dong yang nentuin lolos nggaknya siswa yang daftar, ada tes kesehatan, akademik, SMAMPTA, psikotes, wawancara dan yang terakhir pantauhir. Banyak banget ya? Udah kayak tes masuk AKMIL atau AKPOL aja nih! Setelah test, loloslah siswa yang memenuhi standar dan siap untuk PDKS.

Jika kebanyakan sekolah menggunakan atribut seperti topi dari kertas karton, rambut dikepang banyak, pakai tas plastik, papan nama dari kardus mie instan. Nah, di sekolah kami nggak menggunakan atribut seperti itu, hanya sebuah pita basis yang menandakan kami sebagai basis (bakal siswa). Pita basis ini memiliki story and history tersendiri. Lewat pita kecil berwarna merah yang dipasang di bahu kiri ini tanggung jawab kami dituntut karena pita basis ini sebagai tahap awal sebelum mempertanggung jawabkan baret biru selama mengemban tanggung jawab sebagai siswa Taruna.

Satu Bulan Full Kalau ditanya apa saja kegiatannya, banyak banget lho! Tentunya punya cerita yang unik dan berkesan banget. Kegiatan ini dimulai dengan dilaksanakannya Upacara Pembukaan PDKS pada hari ketiga di Taruna, pada upacara ini siswa baru akan parade baris-berbaris. Selama PDKS siswa baru akan berorientasi dengan lingkungan SMA Taruna mereka akan dikenalkan aktivitas serta aturan-aturan baik di asrama maupun kampus yang dibimbing langsung oleh TNI ataupun Brimob dengan dibantu kepala sekolah, pihak guru, keasramaan, pamong dan siswa pembina.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI