Tampilkan di aplikasi

Kejar beasiswa dari SMA

Majalah Hai - Edisi 30/2016
2 Agustus 2016

Majalah Hai - Edisi 30/2016

Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara untuk mendapat beasiswa. / Foto : Gio

Hai
Bagi teman-teman kelas XII, masuk ke tahun ajaran baru adalah sebuah garis start untuk bersiap meniti masa depan di perkuliahan nanti. Setuju dong? Ya, kalau nggak dimulai dari sekarang mau kapan lagi. Ada banyak banget pilihan untuk kita masuk ke dunia kuliah nanti. Dari jenis kampusnya aja ada PTN, Swasta, sekolah kedinasan, politeknik, dan masih banyak lagi. Dari jurusannya, wah banyak banget, deh. Begitu juga dengan cara berkuliahnya, ada yang berbayar ada juga yang gratis karena beasiswa. Nah, coba angkat tangan, siapa yang pengen banget bisa kuliah di jurusan yang diminati tanpa harus mikirin biayanya? Satu orang, sepuluh orang, dua ratus orang, seribu orang kayaknya, sih, yang angkat tangan.

Ya, ibarat main games, beasiswa adalah cheat atau shortcut yang memudahkan kita bisa berkuliah dengan lancar. Tapi tentu, nggak kayak di games, untuk bisa menggunakan cheat ini, kita kudu kerja keras (banget). Tapi, nggak ada salahnya, toh, jadi anak yang ambis (baca: ambisius) ngejar beasiswa? Apalagi kalau lo berencana kuliahnya di kampus favorit dan di luar negeri pula. Cita-cita yang tinggi emang nggak gampang untuk diraih, tapi percaya, deh, banyak pihak yang siap membantu kita ngasih “tangga” biar kita bisa menggapai citacita kita.

Mimpi kita nggak bisa dibatasi, kan, bro?! Kita simak, nih, cerita dari kakak kita, Sharien Fitriasari yang kini tercatat sebagai mahasiswa beasiswa jurusan Biochemistry di University of Missoury, Amerika Serikat sana. Keinginan untuk berkuliah di luar negeri, udah muncul di diri puteri pasangan guru ini sejak kecil. Awalnya, ia bertekad untuk kuliah di Jepang, namun di tengah jalan Amerika jadi pilihannya. “Aku memang nggak ada rencana untuk kuliah di Indonesia. Pengennya di luar negeri,” kata cewek kelahiran 15 Desember 1995. Untuk melancarkan niatnya, saat SMA, cewek yang selalu ambis dan suka tantangan ini mengikuti sederetan tes seleksi dari sekolahnya, Sampoerna Boarding School Malang.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI