Tampilkan di aplikasi

Gimana beda KW dan ori?

Majalah Hai - Edisi 41/2016
19 Oktober 2016

Majalah Hai - Edisi 41/2016

Peredaran sneakers KW ini memang udah bukan hal rahasia. Bahkan ada yang terangterangan mencarinya untuk sekadar ikutan bergaya. Maklum aja sih, soalnya kalo diliat sepintas emang nggak ada bedanya sama yang asli.

Hai
Peredaran sneakers KW ini memang udah bukan hal rahasia. Bahkan ada yang terangterangan mencarinya untuk sekadar ikutan bergaya. Maklum aja sih, soalnya kalo diliat sepintas emang nggak ada bedanya sama yang asli. Dalam ranah Nike Air Jordan aja, ngeliatnya harus detail banget. Malah harus sampai dipegang untuk diliat dekat-dekat. “Kalo Air Jordan itu, harus diliat stitching-nya alias jahitannya. Lalu, kalau bagian sepatu Air Jordan dipencet bagian depannya, ia akan mengkerut dan itu asli. Tapi kalau udah dipencet dan ditekan lalu ia nggak berkerut, itu palsu.

Sementara untuk Vans lebih banyak yang harus diliat. Banyak yang berpendapat kalau tingkatan itu bisa dicirikan dari waffle code di sol bawah sepatu. Kode tersebut menandai jenis mesin yang cetak sol yang dipakai oleh pabrik. Vans buatan China memiliki beberapa waffle code seperti IFC, HF, DT, SHC, ZDC, dan ICC. Sementara produksi Vietnam memiliki waffle code EVB, dan Indonesia adalah GSI. Namun, pencirian tingkat kualitas dari waffle code ini menjadi simpang siur karena beberapa pedagang, kayak Kiwi, bilang kalau sol ICC yang seharusnya dari Cina pun ada juga versi lokalnya. Saat HAI bertandang ke home industry produsen Vans di Cikupa Tangerang sana, sol yang dipakai adalah yang berkode DT.

Para pedagang sepatu di internet pun kerap mengaburkan kode-kode tersebut. Bahkan, nggak jarang juga yang bikin istilah baru untuk meninggikan kesan mirip sepatu tiruannya. Beberapa menyebut sepatunya berkelas “grade ORI”, ada juga yang melabeli dengan istilah “premium”, sementara harga yang dibanderol 50-80 persen lebih rendah dibanding harga sepatu yang dijual di toko Vans resmi. Ada anggapan bahwa Vans KW dan yang asli bisa mudah dicirikan dengan melihat patch yang tertempel di bagian belakang sol.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI