Tampilkan di aplikasi

Ngulik titik ideal skatepark lokal

Majalah Hai - Edisi 42/2016
10 November 2016

Majalah Hai - Edisi 42/2016

Jangan-jangan skatepark ideal cuma ada di luar negeri? Pertanyaan ini mungkin muncul di otak para skater lokal. Toh, di beberapa spot udah ada kemajuan.

Hai
Mungkin banyak yang gelenggeleng kalo ngeliat kelakuan Reyhan. Skater yang masih duduk di kelas 2 SMA Pondok Karya Pembangunan Jakarta Islamic, Ciracas ini rela bermotor 20 km dari kawasan Taman Mini Indonesia Indah ke Bekasi untuk bermain di skatepark impiannya di Tugu Skate Park, Bekasi. Pertama kali mencari Tugu Skate Park, dia dibonceng temannya, sambil dipandu Google Maps, yang sering error. “itu juga sempat nyasar ke sawah,” kenangnya.

Padahal nggak sampai 2 km dari rumahnya, di daerah Ceger, ada Green Skate Park di area Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Skater bertubuh mungil ini bela-belain ke Bekasi karena Tugu dinilai enak dan ideal. “Saya tau Tugu Skate Park dari temen saya, disaranin main di sana, saya tau dari mulut ke mulut aja. Harga tiket masuk Green Skate Park terlalu mahal, Rp 30 ribu, belum lagi bayar tiket masuk TMII dan parkir motornya,” seloroh fans berat skater Luan Oliviera ini. Menurutnya sebagai pelajar, biaya itu urusan penting. Mungkin lebih penting dari kelengkapan skate park-nya itu sendiri.

“Puas kalo main di Tugu, Rp 15 ribu udah dapet obstacle (rintangan)-nya banyak,” kata Reyhan lagi. Reyhan mungkin hanya satu dari sekian banyak anak Jakarta yang harus bermain di Bekasi. Sebenarnya, masih di wilayah Jakarta, di sebelah utara, ada skate park “legend” yang selalu jadi pilihan skater segala zaman. Mulai dari oldschool sampai yang kekinian. Namanya Puink di kawasan Ancol. Letaknya juga terpencil di “tumpukan” pemukiman penduduk. Kelengkapan skate park Puink tergolong bintang empat. Ada box, rail, volcano sampai area latihan. Serunya lagi keberadaannya, sempat merubah wajah lingkungan sekitarnya. “Di sini lingkungannya keras, banyak anak muda yang mabokmabokan. Gue mikir masak sih kita mau gini-gini aja nggak ada yang berkreasi. Jadi skater misalnya. Sukur-sukur bisa jadi profesional skater.
Majalah Hai di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI