Tampilkan di aplikasi

Tradisi unik lebaran di berbagai negara

Majalah Halo Indonesia - Edisi 135
5 April 2024

Majalah Halo Indonesia - Edisi 135

Hari Raya Idul FItri

Halo Indonesia
Perayaan Lebaran memang dilakukan secara meriah. Tidak hanya Indonesia, Lebaran di luar negeri juga memiliki keunikan dan adat tersendiri, loh. Tradisi Lebaran dunia rupanya unik dan beragam, loh! Simak tradisi Lebaran dunia di bawah ini!.

Suriname
Negara yang memiliki kedekatan psikologi dengan Indonesia karena sebagian keturunan penduduknya merupakan keturunan suku Jawa ini memiliki tradisi lebaran yang unik. Tradisi lebaran di Suriname kurang lebih sama dengan di Jawa karena banyaknya keturunan orang Indonesia yang tinggal di sana.

Sebagai informasi, banyaknya keturunan Jawa di Suriname disebabkan oleh banyaknya orang Jawa yang dijadikan kuli kontrak di Suriname pada masa penjajahan Belanda dahulu.

Amerika Serikat
Faktanya, mayoritas muslim di Amerika Serikat berasal dari kalangan imigran, Kawula Muda. Biasanya, perayaan Lebaran di Amerika Serikat akan memperlihatkan pakaian warnawarni, tergantung asal negaranya.

China
Tradisi perayaan Idul Fitri di China adalah dengan mengunjungi makam leluhur, membersihkannya, dan mempersembahkan doa. Tradisi doa ini dilakukan untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.
Majalah Halo Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI