Tampilkan di aplikasi

Sehat dengan lemak

Majalah Hidayatullah - Edisi 12/2017
15 Januari 2018

Majalah Hidayatullah - Edisi 12/2017

Berbicara mengenai lemak, terutama sumber hewani biasanya dihubungkan dengan kolesterol jahat, lemak tak sehat, dan sekumpulan vonis lainnya.

Hidayatullah
“Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku, dan dari sapi dan domba. Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah Kami hukum mereka disebabkan kedurhakaan mereka; dan sungguh Kami adalah Maha Benar.” (Al- An’am [6]: 146)

Berbicara mengenai lemak, terutama sumber hewani biasanya dihubungkan dengan kolesterol jahat, lemak tak sehat, dan sekumpulan vonis lainnya. Tak ayal, saat ini produk lemak hewan dan turunannya sangat jarang beredar di pasaran. Bahkan cenderung dihindari mengonsumsi lemak hewan akibat sekumpulan label tadi.

Lantas bagaimana pandangan pengobatan Islam terkait lemak hewan ini? Pandangan terhadap lemak seringkali berubah sejalan dengan waktu, misalnya saat minyak kelapa dicap sebagai minyak tak sehat, ramairamai pasar mengganti produk tersebut dengan minyak kedelai. Klaim lebih sehat saat itu adalah penyebabnya.

Namun, kini produk VCO (Virgin Coconut Oil) justru ramai kembali di pasaran dengan didukung bukti hasil penelitian perihal manfaat kesehatannya. Secara kasat mata, lemak terbagi menjadi dua, yaitu yang terlihat dan tidak terlihat. Lemak hewan termasuk jenis yang terlihat, berwarna putih dan biasanya merupakan lapisan di bawah kulit, lemak dekat ginjal, dan di dalam rongga perut (gajih).

Selain itu, bisa pula berupa minyak, mentega, atau margarin. Lemak yang tidak kelihatan merupakan lemak yang tercampur dengan bahan lainnya, misalnya di dalam daging, kacang tanah, dan sebagainya. Lemak yang berbentuk emulsi dalam susu, kuning telur, dan santan juga termasuk ke dalam jenis ini.

Di surah AlAn’am ayat 146 dijelaskan mengenai lemak hewan yang diharamkan (nonkosher) terhadap umat Yahudi, yaitu lemak domba dan sapi selain yang melekat di punggung atau perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Dalam ayat terdapat rahasia yang menarik, mengapa?
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI