Tampilkan di aplikasi

Membunuh satu jiwa sama dengan semua manusia

Majalah Hidayatullah - Edisi 08/2017
19 Januari 2018

Majalah Hidayatullah - Edisi 08/2017

Ajaran Islam yang rahmatan lil alamin melindungi siapapun makhluk yang bernyawa hingga yang tak bernyawa. Tetapi nafsu serakah manusia menelan misi mulia tersebut. Di mana-mana terjadi tindak kriminal pembunuhan, seakan setiap masalah yang dihadapi selesai dengan aksi tersebut. / Foto : Dokumen Majalah Hidayatullah

Hidayatullah
Hari ini kabar pembunuhan seseorang nyaris jadi berita biasa di tengah masya rakat. Saking seringnya terjadi, kabar yang harusnya sangat heboh itu dile watkan begitu saja untuk dibaca. Padahal, dalam agama Islam, satu nyawa yang hilang seumpama dengan seluruh manusia terbunuh. Lalu bagai mana dengan pembunuhan keji yang menghabisi satu keluarga?

Bagaimana dengan aksi teror penjajah yang mengubur ratusan hingga ribuan nyawa tak bersalah? Allah berfirman: “Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka se akan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya.

Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (Al-Maidah [5]: 32) Ajaran Islam yang rahmatan lil alamin melindungi siapapun makhluk yang bernyawa hingga yang tak bernyawa.

Tetapi nafsu serakah manusia menelan misi mulia tersebut. Di mana-mana terjadi tindak kriminal pembunuhan, seakan setiap masalah yang dihadapi selesai dengan aksi tersebut.
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI