Tampilkan di aplikasi

Pakaianmu identitas keimananmu!

Majalah Hidayatullah - Edisi 04/2017
23 Januari 2018

Majalah Hidayatullah - Edisi 04/2017

Orang beriman harus tampil penuh percaya diri dalam kehidupan ini karena merekalah pemilik izzah. Pakaian bukan hanya identitas simbolis tetapi juga identitas ideologis. / Foto : Dokumen Majalah Hidayatullah

Hidayatullah
Rasulullah SAW menyebutkan orang yang lama bepergian; rambutnya kusut masai, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit: “Wahai Rabbku, wahai Rabbku, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi kecukupan dengan yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan?”

Berangkat dari penjelasan Hadits di atas, bahwa keadaan iman itu juga ditentukan dari hal-hal yang berada di sekitar kita.Baik itu makanan, minuman yang masuk ke dalam tubuh, harta yang diusahakan, hingga pakaian yang dikenakan.

Semuanya bisa mempengaruhi bahkan akan menentukan kualitas keimanan seseorang. Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kita, “Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu…” (al-Baqarah [2]: 172).

Rubrik Kajian Utama kali ini menggali lebih jauh cabang keimanan tersebut. Apa hakikat keimanan dengan anjuran menjaga makanan, minuman dan pakaian? Bagaimana sikap Nabi , Sahabat dan orang-orang shaleh terdahulu menjaga hal tersebut? Mengapa di zaman modern ini, sikap kehati-hatian menjadi susah dilakukan? Selamat menyimak!
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI