Tampilkan di aplikasi

Jejak Islam di Suku Wana

Majalah Hidayatullah - Edisi 03/2017
23 Januari 2018

Majalah Hidayatullah - Edisi 03/2017

Suku Wana punya banyak tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Sebagian ada yang menyerupai ajaran Islam. / Foto : ACHAMD FAZERI/SUARA HIDAYATULLAH

Hidayatullah
Di penghujung tahun 2016 lalu, ada 200-an warga suku Wana yang mengucapkan dua kalimat syahadat. Mereka adalah sekelompok suku pedalaman di wilayah pegunungan Tokala, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Suku Wana itu berasal di beberapa dusun, misalnya Makoto, Taronggo, Watu Marando, dan Boba. Paling banyak berasal dari Watu Marando. Banyak hal unik di tengah kehidupan sehari-hari suku pedalaman ini.

Wartawan Suara Hidayatullah, Achmad Fazeri, bersama tim Pos Dai Hidayatullah berkesempatan memotret langsung beberapa tradisinya, ajaran kebaikan yang turun-temurun dari leluhur, dan berbagai hal yang ternyata sejalan dengan ajaran Islam.

Suku Wana punya banyak tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Sebagian ada yang menyerupai ajaran Islam. Suku Wana memiliki kepercayaan yang disebut Halaik. Menurut Abah Rindu, kepala suku Wana di Dusun Watu Marando, kepercayaan ini “bersaudara” dengan agama Islam. Bagaimana bisa seperti itu? Ikuti Laporannya khususnya.
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI