Tampilkan di aplikasi

Ilmuwan Eropa berbondong-bondong belajar bahasa Arab

Majalah Hidayatullah - Edisi 03/2017
23 Januari 2018

Majalah Hidayatullah - Edisi 03/2017

Bahasa Arab yang mengekspresikan peradaban Islam merupakan bahasa yang amat kaya. Apalagi dengan turunnya al- Qur`an dalam bahasa Arab, maka menambah tinggi derajat bahasa ini. / Foto : Dokumen Majalah Hidayatullah

Hidayatullah
Bahasa Arab telah berjasa dalam mengentaskan Eropa dari kegelapan peradaban. Kok bisa? Peradaban Islam ini sungguh luar biasa. Sejak 14 abad lampau, ajaran Islam telah mempersembahkan sebuah peradaban besar yang berperan vital dalam peradaban manusia.

Di abad pertengahan, penyebaran ajaran Islam di Asia, Afrika, Eropa, dan seluruh dunia tidak hanya mengubah peta perpolitikan, namun juga telah menyebarkan peradaban dan kemajuan. Menurut para ilmuwan, penyebaran peradaban Islam itu bertumpu pada dua hal, yaitu ajaran (syariat) Islam dan bahasa Arab.

Bahasa Arab yang mengekspresikan peradaban Islam merupakan bahasa yang amat kaya. Apalagi dengan turunnya al- Qur`an dalam bahasa Arab, maka menambah tinggi derajat bahasa ini.

Ajaran Islam dan bahasa Arab merupakan dua mata pisau yang tidak bisa dipisahkan. Sumber sumber ajaran Islam, baik kitab sucinya (al-Qur`an) maupun pesan pesan Rasulullah SAW (Hadits) berbahasa Arab. Oleh karena itu, untuk memahaminya pun kita harus menguasai bahasanya.

Ajaran Islam sendiri juga mengajak pemeluknya untuk mempelajari bahasa Arab. Imam asy-Sya fi’i menyatakan, “Bagi setiap Muslim agar mempelajari bahasa Arab dengan sekuat tenaga,
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI