Tampilkan di aplikasi

Salam, jembatan keselamatan

Majalah Hidayatullah - Edisi 10/2016
29 Januari 2021

Majalah Hidayatullah - Edisi 10/2016

Apa yang paling menonjol dari peradaban materi yang diusung oleh Barat?

Hidayatullah
Apa yang paling menonjol dari peradaban materi yang diusung oleh Barat? Salah satunya, tumbuh suburnya rasa ego manusia. Bahkan, tak sedikit orang yang ingin mencaplok sesamanya. Sebaliknya, yang indah dari peradaban Islam adalah budaya mengucap salam dan saling mendoakan keselamatan sesama orang beriman.

Meski terbilang sederhana. Tapi sejatinya amalan luhur ini tak mudah dilakukan kecuali oleh hati-hati yang bersih. Ia bertolak dari ketawadhuan dan orientasi iman yang kokoh. Sebab, pastinya setiap manusia berhajat keselamatan dalam urusannya. Tidak ada yang mau celaka di dunia apalagi di Hari Akhirat nanti.

Tuntunannya, orang yang menjawab salam disunnahkan untuk menjawab dengan balasan doa yang lebih baik dan sempurna. Sebab saling menyebar salam ini akan berujung kepada surga yang Allah dijanjikan. Sayangnya, nilai-nilai luhur peradaban Islam perlahan tercerabut dari akarnya. Pelan tanpa sadar, ajaran mulia itu tergerus oleh egoisme dan sikap individualis manusia modern.

Inilah yang akan dikupas dalam rubrik Kajian Utama berikut ini. Mengkaji lebih dalam hakikat dari tuntunan menyebar dan membalas salam sesama orang beriman.
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI