Tampilkan di aplikasi

Rahasia kesehatan dari secangkir kopi

Majalah Hidayatullah - Edisi 10/2016
29 Januari 2021

Majalah Hidayatullah - Edisi 10/2016

Minum kopi lazim dilakukan banyak orang.Tapi tahukah Anda bahwa kopi mempunyai manfaat sekaligus mudharat. Berikut ulasannya.

Hidayatullah
Hampir di seluruh daerah di Indonesia memiliki tanaman kopi. Tak heran kita kerap menjumpai aneka jenis kopi asal daerah, seperti kopi Lampung, kopi Aceh, kopi Wamena, kopi Toraja, dan banyak lagi ragamnya. Minuman khas berwarna hitam ini pun menjadi salah satu minuman favorit kebanyakan orang Indonesia.

Kopi merupakan bahan penyegar yang biasanya disajikan dalam bentuk minuman, yang dibuat dari biji kopi yang telah di sangrai. Tanaman kopi terbagi menjadi dua spesies, yaitu Arabika dan Robusta. Arabika merupakan kopi tradisional dengan rasa yang mantap, beraroma harum, serta kandungan kafein yang rendah. Sementara Robusta memiliki bentuk ukuran yang lebih besar dan oval, aroma yang kurang harum, mempunyai rasa pahit dan sedikit asam, serta mengandung kafein yang lebih tinggi.

Di indonesia sendiri terdapat banyak jenis kopi Arabika, antara lain Arabika kopi Gayo dari Aceh, Arabika Kintamani dari Bali, Arabika Mandailing dari Sumatera Utara, Arabika Kalosi dari Toraja, Arabika Flores dari Bajawa, Arabika Wamena dari Papua. Sedangkan varietas kopi Robusta yaitu kopi luwak yang merupakan salah satu kopi khas Indonesia karena sa ngat unik. Kopi ini dihasilkan dari konsumsi biji kopi oleh hewan luwak.

Biji kopi tersebut akan ter buang bersama dengan ampas ko toran hewan itu sendiri. Kopi ini juga terkenal dengan kualitasnya ka rena hewan luwak ini tidak mau mengkon sumsi kopi yang belum matang.
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI