Tampilkan di aplikasi

Ulama bersikap, umat bergerak

Majalah Hidayatullah - Edisi 12/2016
29 Januari 2021

Majalah Hidayatullah - Edisi 12/2016

Gusrizal Gazahar, Lc, MA Ketua MUI Sumatera Barat

Hidayatullah
Buya Gusrizal, demikian biasanya pria berusia 43 tahun ini disapa. Nama lengkapnya Gusrizal Gazahar, kini menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) periode 2015-2020.

Kiprah dakwahnya sudah menjelajah seluruh wilayah Ranah Minang. Berulangkali juga menjadi motor gerakan melawan upaya pendangkalan aqidah. Salah satunya memimpin aksi penolakan pembangunan Rumah Sakit Siloam dan proyek raksasa Lippo Group (2013) di Padang yang ditengarai sebagai gerakan kristenisasi terselubung.

“Itu merupakan aksi bersama seluruh umat Islam Sumatera Barat yang memiliki kesadaran yang sama akan bahaya yang terjadi nantinya,” ujar ayah dua anak ini. Kesadaran itu tak hanya dirasakan masyarakat umum. Para ulama dan ninik mamak juga mempunyai kesadaran serupa. Yakni persoalan aqidah.

Menurut para ulama, apa yang dilakukan Lippo Group adalah misi kristenisasi yang dibungkus dengan investasi yang bergerak dalam tiga modus. Yaitu pelayanan publik dan bantuan rescue (darurat) dengan RS Siloam, pendidikan dengan Universitas Pelita Harapan dan jenjang lainnya, serta penyebaran kependudukan melalui proyek properti Lippo Group.
Majalah Hidayatullah di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI