Tampilkan di aplikasi

Bila punya apartemen tipe studio

Majalah Housing Estate - Edisi 155
13 Maret 2018

Majalah Housing Estate - Edisi 155

Di hunian mungil gaya hidup juga harus simpel praktis. Kegemaran mengoleksi barang harus dibatasi pada yang benar-benar perlu. / Foto : SUSILO

Housing Estate
Tipe studio dan/atau satu kamar (1 bed room/BR) adalah unit hunian yang paling banyak ditawarkan pengembang di proyek apartemennya. Dengan ukuran yang kompak, antara 18–24 m2 luas kotor (semigross) atau 15–19 m2 luas bersih, harganya pun bisa lebih terjangkau kaum muda yang menjadi target utamanya. Sebaliknya ukuran unit yang kompak itu juga menjadi kelemahannya.

“Kemana-mana begitu dekat,” seloroh Chen Chen (45 tahun), seorang penghuni apartemen tipe 1BR di kawasan terpadu Kalibata City, Jakarta Selatan, dalam sebuah perbincangan dengan HousingEstate. Menata ruangnya juga menjadi lebih kompleks agar hunian tetap cukup nyaman ditinggali.

Perabotnya pun sering harus dipesan (customized), karena produk jadi (loose furniture) di pasaran kerap tidak kompatibel dengan apartemen tipe studio. Untuk itu ruang harus diukur dengan cermat agar pemilihan perabot tidak membuat unit terkesan penuh dan tetap menyisakan area yang cukup untuk sirkulasi penghuni.

Untungnya semua developer menyediakan unit contoh di proyek apartemen yang dikembangkannya. Majalah ini secara rutin menampilkan unit-unit contoh dari berbagai tipe itu di rubrik Interior. Tapi, penataan ruang tipe studio atau 1BR paling kerap dikeluhkan karena luasannya yang tidak begitu berbeda dengan kamar kos itu. Karena itu kami mengangkat tema contohcontoh show unit apartemen tipe studio itu di liputan khusus ini.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI