Tampilkan di aplikasi

Kendati lesu, tetap banyak proyek baru

Majalah Housing Estate - Edisi 160
13 Maret 2018

Majalah Housing Estate - Edisi 160

Sebagian proyek terjangkau kaum milenial, sebagian lagi dikembangkan developer asing atau berkolaborasi dengan asing. / Foto : HousingEstate / Artist Impression

Housing Estate
Pasar boleh masih lesu, namun tetap ada penawaran proyek real estate baru di kwartal terakhir tahun ini di berbagai kota besar seperti megapolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Surabaya, Bandung, Semarang, dan Palembang.

Sebagian benar-benar proyek baru, kebanyakan proyek baru di proyek berjalan (on going) berupa klaster hunian atau menara apartemen baru. Memang, istilah proyek baru di bisnis real estate agak membingungkan karena suka-suka developer menyebutnya. Proyek yang sudah diperkenalkan Mei 2017 pun disebut proyek akhir tahun karena baru resmi diluncurkan pertengahan November.

“Mei itu baru tes pasar sekalian pendaftaran nomor urut pemesanan (NUP). Setelah itu prelaunching (praperkenalan), baru launching (November),” kata pengembangnya. Ada juga yang saat diperkenalkan langsung disebut proyek baru karena penjualannya sudah memenuhi target.

Tes pasar dan prelaunching pun tidak disebut-sebut lagi kendati ada dalam rencana. Karena itu supaya tidak membingungkan, liputan utama ini mengulas semua proyek baru akhir tahun yang bisa didapat informasinya, baik yang sudah di-launching resmi, masih tes pasar, prelaunching atau baru sebatas rencana yang baru direalisasikan tahun depan.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI