Tampilkan di aplikasi

Solusi rumah cerdas buat si langgas

Majalah Housing Estate - Edisi 160
13 Maret 2018

Majalah Housing Estate - Edisi 160

Aplikasi Smarthome Efektif Menghemat Energi, Cocok Untuk Kaum Milenial / Foto : HousingEstate / dok. schneider

Housing Estate
Pergi terburu-buru meninggalkan rumah dan lupa mematikan lampu atau AC? Tak perlu lagi menelepon asisten rumah tangga atau kerabat di rumah untuk mematikannya. Sekarang kontrol peralatan listrik di rumah bisa dilakukan lewat gawai di genggaman semudah membuka aplikasi game.

Teknologi smarthome memungkinkan rumah terkoneksi secara otomatis. Solusi digital ini dapat menghubungkan berbagai perangkat listrik dan elektronik di rumah menjadi satu dalam sistem pengendalian yang bisa diakses melalui ponsel pintar.

“Smarthome sudah sejak lama diterapkan di Jepang. Di sini (Indonesia) masih butuh edukasi. Konsep itu memudahkan penghuni dan membuat hunian menjadi lebih baik,” kata Presiden Direktur Panasonic Indonesia Hiroyoshi Suga.

Panasonic baru-baru ini bekerja sama dengan pengembang PT Intiland Development Tbk menerapkan smart home solution dan network & surveillance system di perumahan mewah Serenia Hills, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Produsen alat listrik ABB (Swiss) dan Schneider (Perancis) yang masuk ke Indonesia lebih dari 30 tahun lalu, juga sudah lama memperkenalkan teknologi rumah cerdas ini.

Namun, peminatnya juga belum banyak. Kalaupun ada baru sebatas pengaturan penggunaan lampu dan AC. “Aplikasi ini cocoknya untuk rumah generasi milenial (langgas) karena mereka yang paling ngerti teknologi digital,” kata Ferry Kurniawan, Marketing Manager PT Schneider Indonesia.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI