Tampilkan di aplikasi

Perpustakaan omah yang ramah

Majalah Housing Estate - Edisi 160
13 Maret 2018

Majalah Housing Estate - Edisi 160

Bangunan Dirancang Merespon Iklim Tropis Dengan Orientasi Utara-Selatan. Atap berfungsi sebagai lubang-lubang cahaya dan wadah tangkapan air hujan. / Foto : HousingEstate / Susilo

Housing Estate
Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) cabang DKI Jakarta berkomitmen setiap tahun memberikan penghargaan kepada karya arsitek dengan lokasi proyek khusus di wilayah Jakarta. Kategori proyek dibedakan atas bangunan hunian, bangunan usaha/ komersial, bangunan publik, bangunan konservasi, intervensi perkotaan, dan bangunan fasilitas khusus.

Tahun ini Anugerah IAI Awards kategori bangunan hunian diterima arsitek muda Realrich Sjarief, pemilik dan pimpinan dari studio arsitek RAW (Realrich Architecture Workshop) dengan karyanya berjudul Perpustakaan Omah (Omah Library). Realrich yang kerap dipanggil Rich menggarap lahan seluas 500 m2 di kawasan Meruya, Jakarta Barat, dengan bangunan dua lantai seluas 350 m2 di atasnya.

Ia memfungsikan bangunan itu sebagai rumah tinggal pribadi, kantor studio RAW dan perpustakaan arsitektur untuk umum, klinik gigi sang istri, serta kelas arsitektur gratis. Dua pertiga bangunan didedikasikan untuk ruang publik, sementara untuk hunian hanya memanfaatkan sisanya berupa satu kamar tidur, satu kamar mandi dan satu kamar asisten rumah tangga di lantai atas.

Proses desain bangunan didasarkan atas tiga pendekatan. Pertama, peralihan ruang publik ke privat di dalam padatnya lahan di Jakarta dengan membuat banyak ruang terbuka di halaman. Perpustakaan mengakomodasi fungsi publik dan privat dengan menyatukan tiga program yang berbeda seperti perpustakaan umum, studio desain yang juga sebagai kantor perpustakaan serta hunian di atasnya.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI