Tampilkan di aplikasi

Pemenang world architecture festival 2017, pusat rehabilitasi mental

Majalah Housing Estate - Edisi 161
13 Maret 2018

Majalah Housing Estate - Edisi 161

Berdiri di antara pohon manggis, bangunannya dibuat berbentuk limas / Foto : Istimewa

Housing Estate
Ini sebuah pusat rehabilitasi mental dan sosial, berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Berdiri di antara pohon-pohon manggis, pusat rehabilitasi ini memiliki 12 ruang rawat, dua ruang perawat, satu klinik kesehatan, musala dan perpustakaan, ruang serbaguna serta arena olah raga luar ruang.

Pusat rehabilitasi berkapasitas 96 pasien ini dilayani delapan perawat, sejumlah dokter tetap dan terjadwal, serta beberapa staf dan sukarelawan. Semua ruangnya disebar di empat gedung yang ditata saling berseberangan.

Jembatan knock down Bangunan utama memiliki dua lobi yang salah satunya menghadap ke jalur pedestrian yang terhubung dengan musala di seberangnya. Pola itu dimaksudkan untuk mempertahakan pepohonan manggis yang menjadi tanaman asli di area tersebut, selain untuk menyesuaikan dengan kontur tanahnya.

Jalan penghubung itu dibuat ala jembatan knock-down dari bahan yang bisa menyerap air dan ditata dengan pola tertentu. Jadi, air dan cahaya masih jatuh ke tanah dan semak di bawah jembatan. Jembatan ini menjadi penghubung ke seluruh kompleks hingga ke pintu belakang dengan berjalan kaki.

Yang paling menarik bentuk bangunannya yang menyerupai limas dan seakan mempunyai pantulan ke sisi bagian bawah. Bangunan di bagian bawah juga berfungsi dan terkoneksi dengan jalur kendaraan. Dengan pengolahan massa bangunan seperti double decker itu, sirkulasi kendaraan dan pejalan kaki menjadi terpisah.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI