Tampilkan di aplikasi

Kamar mandi mungil dulukan fungsi, baru gaya

Majalah Housing Estate - Edisi 162
13 Maret 2018

Majalah Housing Estate - Edisi 162

Kamar Mandi Mungil Dulukan Fungsi, Baru Gaya / Foto : Housing Estate / Susilo Waluyo

Housing Estate
Kamar mandi berukuran kecil di rumah atau apartemen masa kini terkadang sulit menatanya agar nyaman digunakan. Ruang terkecil di rumah ini membutuhkan desain yang cerdas dengan membuatnya fungsional. “Kamar mandi penting memenuhi fungsinya secara benar terlebih dahulu.

Terutama penempatan kloset dan area shower yang harus dipisahkan menjadi daerah kering dan basah,” kata Tri Hikmawati W Popon, desainer interior dari TMS Creative di Jakarta. Tri pernah mendapati rancangan kamar mandi bawaan dari developer tak memenuhi standar paling mendasar itu.

Developer justru menyatukan penempatan kloset dan kran untuk shower di area yang sama. Selain pemisahan area, Tri menyarankan kamar mandi memiliki lubang cahaya meskipun hanya kamuflase. “Idealnya lubang cahaya juga memiliki ventilasi ke luar.

Tapi kalau nggak mungkin, minimal ada lubang berupa kaca mati yang menembuskan cahaya meskipun sedikit,” kata Master Desain Interior dari London Metropolitan University ini. Ia berasumsi, kamar mandi yang kecil harus terasa nyaman dengan tidak terlalu tertutup secara visual dari dalam.

“Ada solusi yang bersifat spasial, juga estetika yang perlu dipikirkan di kamar mandi kecil,” ujar Tri. Berikut beberapa contoh inspirasi menata kamar mandi mungil yang maksimal secara spasial dan fungsi tanpa melupakan sisi estetika visualnya.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI