Tampilkan di aplikasi

The Loggia, seni transformasi ruang

Majalah Housing Estate - Edisi 178
10 Juni 2019

Majalah Housing Estate - Edisi 178

Meja makan yang bisa dilipat ke dinding dan kamar tidur kompak dengan pintu geser. / Foto : Susilo

Housing Estate
The Loggia menawarkan 498 unit hunian dalam dua menara dengan pilihan tipe mulai dari 72 hingga 117 m2. Setiap unit dapat dirancang dengan interior ala ikigai dengan day beds, tempat tidur susun, dan tempat penyimpanan tersembunyi di berbagai sudut.

Salah satu kamar tidur berada di ketinggian 60 cm dengan area bawah digunakan sebagai ruang penyimpanan bawah lantai. Konsep ruang dibuat fleksibel dan bisa beralih fungsi sesuai kebutuhan di siang hari atau malam hari.

Setiap ruang bisa dibuka-tutup dengan pintu-pintu model dorong dan lipat yang hemat tempat. Pintu didesain bergaya Jepang bernama Sudo dengan panel anyaman rotan lokal yang memberi privasi namun tetap bisa meneruskan cahaya.

Sentuhan Indonesia lainnya diselipkan melalui ubin buatan tangan bergaya vintage dari Yogyakarta di lantai ruang utama. “Reversibility into Emptiness tidak hanya terwujud dari rumah yang rapi, tetapi bagaimana setiap elemennya bisa memberikan nilai untuk ruangan tersebut.

Misalnya, bagaimana sinar matahari memancarkan pantulan di lantai ubin ke langitlangit, bias cahaya melalui dinding rotan, atau angin yang bertiup melalui jendela ke koridor"

Transformasi furnitur Selain ruang yang bisa berubah, gerakan dan transformasi furnitur juga dipertimbangkan untuk mendukung penyediaan ruang yang lapang.

Salah satunya, meja makan yang dapat dilipat ke arah dinding ketika tidak digunakan. Hasilnya, ruang makan bisa berubah menjadi ruang komunal untuk mengumpulkan lebih dari 10 orang.

Tsukamoto menilai suasana multisensor seperti itu penting untuk menyegarkan pikiran tiap penghuni.
Detil unik lainnya yang diciptakan, adalah memberi lubang ventilasi pada bagian atas pintu masuk utama yang bisa dibuka tutup.

Ketika pintu dalam keadaan tertutup, lubang terbuka di bagian atasnya masih bisa mengalirkan udara alami yang memberikan ventilasi silang ke dalam hunian.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI