Tampilkan di aplikasi

BSD City, membangun infrastruktur dan ekosistem digital

Majalah Housing Estate - Edisi 184
23 Desember 2019

Majalah Housing Estate - Edisi 184

Intermoda BSD City yang terhubung dengan stasiun komuter Cisauk

Housing Estate
BSD City, township yang dikembangkan Sinar Mas Land (SML) di Serpong, Tangerang, Banten, tetap konsisten mengembangkan kawasan hunian yang ramah lingkungan (green development). Sekarang pengembangannya makin advanced atau canggih. Tidak sebatas area hijau yang luas, banyak taman dan pepohonan, melainkan membangun kota cerdas berbasis internet. Beberapa tahun terakhir SML secara serius membangun infrastruktur digital itu di BSD yang membuat segala aktifitas hidup penghuninya semakin mudah.

Ekosistem digital yang dikembangkan mencakup aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan yang disebut integrated smart digital city. Ini transformasi jauh ke depan dari sekedar memasang WiFi dan CCTV seperti yang diterapkan di banyak tempat. Karena itu dalam ajang Green Property Awards 2019 yang diselenggarakan majalah HousingEstate dan housingestate.id, BSD City mendapat Green Property Awards kategori green environment & infrastructure. Pengembangan smart digital city itu didukung internet berkapasitas sangatbesar dan koneksinya dijamin tidak putus.

Berapapun kebutuhan internet tersedia. Pengembangan ekosistem digital itu memudahkan perusahaan-perusahaan bidang ICT terutama start up berkantor di BSD. Ini sejalan dengan era industri 4.0 yang menjadi tren global. Salah satu bentuk proyek integrated smart digital city itu adalah Digital Hub yang dikembangkan di area seluas 25 ha. Konsepnya mirip Silicon Valley di Amerika Serikat, hasil rancangan NBBJ, konsultan arsitektur yang mendesain kantor Microsoft, Alibaba, Amazone, dan kantor pusat Samsung di Sillicon Valley-San Jose, California.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI