Tampilkan di aplikasi

Kediri Family Residence, seluruh rumah dilengkapi solarcell

Majalah Housing Estate - Edisi 184
23 Desember 2019

Majalah Housing Estate - Edisi 184

Kediri Family Residence

Housing Estate
Lokasinya di Kediri yang selama ini lebih kesohor dengan industri rokok. Jauh dari kota besar yang pengembangan propertinya jadi barometer. Tapi, Kediri Family Residence (KFR) menjadi pelopor pengembangan hunian hemat energi.

Selain menggunakan listrik PLN, perumahan besutan PT ASD Mandiri di Jl Raya Sobo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur, ini memanfaatkan daya matahari sebagai sumber energi alternatif. Untuk itu setiap rumah dilengkapi sel surya (solarcell) di atapnya.

Berbeda dengan perumahan lain yang memasang solarcell sebagai opsi, di KFR (4 ha) menjadi konsep terintegrasi. “Sejak awal KFR dirancang sebagai perumahan hemat energi. Ini perumahan pertama di Indonesia yang seluruh rumahnya dilengkapi solarcell, bukan opsi yang tergantung pada kemauan konsumen,” kata Sonny Pinaria, General Manager ASD Mandiri.

Energi surya itu diparalelkan dengan sistem listrik PLN melalui inverter(pengolah energi matahari) dan disalurkan ke kWh meter PLN. Listrik yang disalurkan itu menjadi deposit daya yang menekan biaya listrik PLN karena pemakaiannya berkurang. Sonny menyebutkan, solarcell di setiap rumah mampu menghasilkan daya 1.000 Wp (watt peak) per jam, atau sekitar 5.000 Wp per hari tergantung panas matahari.

Angka 1.000 Wp ekuivalen dengan 1.000 watt listrik PLN. “Kalau listrik dari solarcell itu diperhitungkan ke biaya listrik per kWh, penghematannya sekitar Rp200 ribu per bulan,” jelasnya. Solarcell ini juga digunakan untuk penerangan di area publik dan taman bermain.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI