Tampilkan di aplikasi

Logano Lake Park, green design and planning

Majalah Housing Estate - Edisi 184
23 Desember 2019

Majalah Housing Estate - Edisi 184

Logano Lake Park

Housing Estate
Logano Lake Park, di kawasan CitraRaya (2.760 ha), Cikupa, Tangerang, Banten, meraih penghargaan kategori green design and planning dalam Green Property Awards 2019. Mega klaster yang rencananya dikembangkan menjadi 15 klaster mencakup 4.500 rumah ini, akan mengaplikasikan beragam fitur green seperti yang sudah diterapkan dalam pengembangan mega klaster sebelumnya Ecopolis (100 ha).

Logano Lake Park dilengkapi danau alami Cimanceri seluas 15 ha yang akan digunakan untuk beragam fungsi, mulai dari penampungan air, pengendali banjir saat musim hujan, sampai sumber air baku instalasi pengolahan air bersih (water treatment plant/WTP) di Citra Raya.

“Kami sudah lama memiliki pengolahan air bersih sendiri untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Sumber air bakunya antara lain dari danau di Logano Lake Park. Area sekeliling danau difungsikan untuk jogging track yang terbuka untuk umum,” kata Taufiq Hidayar, Planinng & Design Director PT Ciputra Residence, developer CitraRaya.

Eco Park Developer juga menghadirkan Eco Park, taman kota seluas 2 ha yang akan difungsikan juga untuk wahana wisata penghuni, ditambah ruang terbuka hijau seluas 12 ha. Semua penerangan jalan umum (PJU)-nya menggunakan lampu LED. Semua penghuni juga diberi 4-5 lampu LED untuk rumah masing-masing.

Guna menghemat penggunaan air, saniter yang digunakan juga yang irit air. Kloset misalnya, memakai yang dual flush. Untuk mandi diaplikasikan shower yang flow rate. Rasio ukuran jendela rumah dibuat proporsional sesuai dengan luas fasad rumah. Jadi, pada siang hari di dalam rumah tetap terang tanpa lampu. “Jika jendelanya terlalu kecil, di dalam rumah jadi gelap. Sebaliknya kalau jendelanya terlalu lebar, dalam rumah jadi panas. AC harus bekerja keras untuk mendinginkannya di malam hari,” jelas arsitek dari ITB Bandung itu.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI