Tampilkan di aplikasi

10 cara berkompromi dengan ruang terbatas

Majalah Housing Estate - Edisi 185
15 Januari 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 185

Kreatif di Dapur / Foto : Foto: Susilo Penulis: Halimatussadiyah

Housing Estate
1. Minimalkan Barang Tak ada tempat lagi untuk tumpukan majalah lama, baju yang jarang dipakai setelah lebih dari setahun. Minimalkan koleksi barang-barang untuk mengurangi kebutuhan tempat penyimpanan di rumah kecil.

2. Hidup Teratur Beberapa orang beruntung dilahirkan dengan kesenangan pada keteraturan, tapi tidak bagi banyak orang lain. Kemampuan menjadi teratur menjadi tantangan tersendiri. Ruang terbatas akan memenuhi fungsinya dengan baik jika didukung dengan keteraturan tinggi. Temukan cara termudah dan kreatif untuk mengatur ruang dan barang-barang di rumah. Terapkan motto, sebuah tempat untuk semuanya dan semuanya berada pada tempatnya.

3. Jaga Kerapian Meninggalkan dua atau tiga barang bergeletakan akan cepat membuat ruang kecil terlihat berantakan dan terasa sempit.

Jika kita sudah meminimalkan barang dan memiliki sistem pengaturan, lebih mudah menjaga kerapian rumah kecil. Bersihkan barang-barang habis pakai setiap saat dan jangan menundanya hingga menumpuk.

4. Pilih Warna Terang dan Netral Cara paling mudah dan terjangkau mengubah suasana rumah, dengan mengubah warna cat. Pilihan warna terang untuk dinding akan memproduksi efek ringan dan lega pada ruang. Untuk dekorasi, pilihan warna netral bisa memberi efek visual yang meluas. Tambahkan aksen warna dan sedikit tekstur untuk menarik mata, tapi hindari motif yang rumit karena akan membuat ruang makin terasa kecil.

5. Beli Furnitur Kecil Selain aplikasi warna, pilihan furnitur juga memberi efek pada ruang. Tempat duduk dengan profil rendah akan memberi ilusi langit-langit seolah tinggi. Meja, kursi dan rak dari material transparan secara visual akan terlihat ringan dalam ruangan.

Rak terbuka lebih baik daripada kabinet tertutup yang terkesan besar. Perlu diingat, meskipun secara umum ruang kecil membutuhkan furnitur yang kecil juga, kita perlu memberi jeda dengan menambahkan satu atau dua barang yang besar.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI