Tampilkan di aplikasi

Waterproof sekaligus cat dekoratif

Majalah Housing Estate - Edisi 185
15 Januari 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 185

Cat Dekoratif

Housing Estate
Produk pelapis anti bocor (waterproof) instan yang tinggal pakai, serupa bahan baku utamanya dengan cat dekoratif, yaitu lateks akrilik. Karena itu aplikasinya juga serupa dengan cat tembok dekoratif berbasis air (waterbased), tinggal dipulaskan ke dinding atau dak beton dengan kuas atau roller. Aplikasinya biasanya untuk dinding atau dak ruang luar (eksterior) yang langsung terpapar hujan dan panas. Setelah lapisan waterproof mengering, baru dinding dilapisi cat dekoratif.

Produk waterproof diklaim lebih elastis (bisa mulur mungkret), mengikuti muaisusut permukaan yang dilapisi, sehingga berbagai retakan di permukaan tersebut tidak terbuka dan merembeskan air. Pilihan warnanya ada beberapa, supaya bisa diselaraskan dengan warna cat dekoratif Waterproof Sekaligus Cat Dekoratif Foto: Susilo Penulis: Yudiasis Iskandar, Halimatussadiyah yang diaplikasikan pada bangunan. Hanya, selama ini umumnya konsumen memilih waterproof dengan warna abu-abu, sehingga kesannya produk pelapis kedap air hanya punyai warna monokrom.

Sekian tahun terakhir muncul perkembangan baru. Pilihan warna produk waterproof instan itu makin banyak sehingga bisa sekaligus menjadi cat dekoratif. Di pihak lain pilihan cat dekoratif juga terus berkembang, antara lain berupa cat elastomeric (elastis) tahan cuaca untuk menutupi retakan pada dinding eksterior bangunan. Beberapa produsen cat dekoratif itu yang selama ini tidak memiliki produk waterproof, belakangan juga melansirnya. Ada yang semata waterproof instan, ada juga yang bisa sekaligus menjadi cat dekoratif.

Karena serupa dengan cat dekoratif, kendati tidak sama fungsinya, kini developer perumahan pun berpikir, kenapa tidak memakai produk waterproof sekaligus sebagai cat dekoratif? Pengerjaan rumah pun lebih efisien sekaligus membuat bangunan terlindung dari bocor atau rembesan air Jadi, dinding luar tidak perlu dilapisi waterproofing dulu, baru ditimpa cat dekoratif elastomeric. Sebagian developer sudah menjalankan pemikiran itu.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI