Tampilkan di aplikasi

Rumah tumbuh dua muka

Majalah Housing Estate - Edisi 185
15 Januari 2020

Majalah Housing Estate - Edisi 185

G House / Foto : Fasad

Housing Estate
G House merupakan proyek rumah tumbuh yang berada dalam komplek perumahan. Dari tipe rumah standar developer kemudian dikembangkan menjadi bangunan tiga lantai seluas 280 m2 di atas lahan 200 m2. Lahan di bagian belakang dipersiapkan untuk dibangun sendiri berdasarkan kebutuhan pemilik rumah. Menariknya, pemandangan di bagian belakang rumah mengarah pada danau buatan dan jogging track yang asri. Pemilik menginginkan rumah memiliki dua muka, di bagian depan dan belakang menghadap ke danau.

Masalah kondisi lingkungan rumah yang cukup lembab dan panas, coba diselesaikan dengan membuat bentuk massa bangunan Rumah Tumbuh Dua Muka memiliki pembungkus kepala pada area luar. Tujuannya untuk memberikan pembayangan pada area bawah sehingga mengurangi panas yang diserap ke dalam rumah. Dinding yang bersebelahan dengan rumah tetangga dibuat void pada bagian yang langsung terkena matahari agar panas yang diserap dinding dapat terurai oleh udara lebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah.

Natural Rumah ini didesain dengan menerapkan kenyamanan, keamanan, dan kesan ruang terbuka bagi pemilik agar memberikan keleluasaan dalam beraktivitas. Pembagian ruang publik-privat dibagi secara vertikal ke dalam tiga lantai. Secara umum, rumah menggunakan material alam dan cat warna natural agar memberikan kesan minimalis bagi ruang di dalamnya. Penggunaan warna lampu soft white juga memberikan efek nyaman namun tetap terang. Selain itu pilihan warna lampu ini juga meminimalisir perubahan warna pantulan cahaya di dinding sehingga kesan natural tetap terjaga.

Lantai Satu Lantai satu digunakan seluruhnya sebagai area publik, tempat berkumpul, dan aktivitas keseharian keluarga. Keseluruhan area dibuat tanpa sekat sehingga bisa mewadahi banyak fungsi dan terkesan lebih luas. Desain terbuka ini juga berangkat dari kebutuhan ruang yang luas untuk aktivitas anak-anak balita di dalam rumah. Selain mengurangi penggunaan partisi.
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI