Tampilkan di aplikasi

Rumah mini yang maksimal

Majalah Housing Estate - Edisi 195
18 Maret 2021

Majalah Housing Estate - Edisi 195

Desain rumah dilengkapi loteng yang bis difungsikan sebagai ruang serbaguna / Foto : Fasad

Housing Estate
Keinginan untuk memiliki hunian di tengah kota yang dekat dengan tempat beraktivitas sehari-hari, serta ditunjang dengan harga yang relatif terjangkau, adalah impian sebagian besar masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan khususnya di Surabaya, Jawa Timur. Studio Simple Projects Architecture mencoba merespon kebutuhan desain rumah urban di area relatif sempit dan padat penduduk dengan anggaran yang minimal.

Lima unit rumah dengan dua tipe berbeda didesain di atas lahan berukuran 12 m x 29,8 m di salah satu kawasan semi-kampung padat penduduk di Surabaya Timur, Jawa Timur. Masing-masing tipe berada di atas lahan seluas 4,25 m2 dan 5x8,5 m2. Gaya modern minimalis dengan susunan geometri massa bangunan sederhana, serta permainan gradasi warna monokrom dipilih untuk menampilkan kesegaran pada lingkungan sekitar.

Tampilan bangunan juga diharapkan mewakili gaya hidup calon penghuninya kelak yang simpel, fungsional, dan efisien dengan tatanan layout ruang dalam yang open plan, kompak dan terintegrasi. Massa bangunan yang sederhana juga ditujukan untuk memudahkan dalam proses pembangunan sehingga mengirit biaya. Bentuk bangunan yang cenderung masif dan introvert ini juga sebagai respon antisipasi akan masalah keamanan yang mungkin terjadi, terutama lokasinya yang berada di area semi-kampung. Berikut contoh tata ruang rumah tipe A dengan kaveling 4,25x14 m2
Majalah Housing Estate di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI