Sentuhan Jawa pada rumah modern

Majalah Idea - Edisi 157
2 Juni 2016

Majalah Idea - Edisi 157

Unsur-unsur budaya Jawa mewarnai tampilan rumah modern yang berada di tengah kota ini. / Foto : Fernando Gomulya

Idea
menyatukan keinginan pemilik rumah yang berbeda dan mewujudkannya dalam sebuah desain yang dapat memberi perasaan bahagia bagi semuanya. inilah peran yang sangat dihayati oleh Cosmas D. Gozali ketika mendesain sebuah rumah tinggal bagi kliennya. Tak terkecuali dengan rumah ini yang dimiliki oleh suami dan istri yang berbeda latar belakang dan seleranya.

Percampuran 2 etnis, Jawa dan Cina; perpaduan 2 agama, islam dan katolik; dan akomodasi 2 selera, tradisional dan modern kontemporer, terwujud dalam desain rumah Pendopo— begitu Cosmas menyebutnya—yang terletak di tengah padatnya Jakarta. Lahan yang luas memberi keleluasaan bagi Cosmas mengatur layout rumah.

Untuk kenyamanan, pengolahan desain mempertimbangkan arah hadap rumah. Pada sisi barat banyak diaplikasikan secondary skin untuk “menghambat” panas di sore hari. sedangkan, pada sisi panjangnya, Cosmas membagi rumah menjadi beberapa massa bangunan. Cara ini membuat rumah besar ini tidak terlihat massif.

Agar terlihat tak monoton, permainan massa bangunan yang ada di tanah yang rata, diolah dengan cerdas oleh sang arsitek dengan permainan leveling (perbedaan ketinggian). sebagai penyatu massa-massa bangunan ini agar tak terlihat sebagai bangunan yang terpisah-pisah, diaplikasikan material baja kantilever sebagai penghubung.

RUMAH ANDA Ada banyak pendopo di rumah ini. kehadiran pendopo di rumah sudut ini, adalah solusi Cosmas dalam menyiasati aturan GsB. sesuai aturan yang ada, pemilik rumah harus merelakan sebagian lahan “terbuang” untuk ruang terbuka. Untuk rumah sudut, aturan ini akan memakan banyak lahan. Langkah yang diambil Cosmas adalah menghadirkan pendopo untuk menciptakan kesan “ruang luar jadi ruang dalam”.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI