Lahan sempit bukan halangan

Majalah Idea - Edisi 164
4 Januari 2017

Majalah Idea - Edisi 164

Luas ruang yang terbatas sama sekali bukan hambatan untuk hidup penuh gaya. / Foto : Adeline Krisanti

Idea
Pemilik unit ini, tampilan furnitur yang apa adanya tanpa finishing sangatlah menarik. Menurutnya, gurat-gurat kayu yang kasar justru menambah keindahan. Begitu pula pendapatnya soal semen ekspos maupun batu bata yang telanjang, tanpa cat. ia pun menyukai tampilan industrial yang mengekspos jalur-jalur pipa utilitas di dalam ruang.

ketika ia harus menempati sebuah unit apartemen yang ukurannya terbatas, Leo tidak ingin kecintaannya terhadap gaya rustic industrial terhalang.

Padahal, gaya rustic dan industrial kerap menggunakan unsur warna hitam maupun perabot yang kesannya berat.

Lahan Sempit Bukan Halangan Luas ruang yang terbatas sama sekali bukan hambatan untuk hidup penuh gaya.

Belum lagi detail-detail yang melengkapi gaya tersebut, misalnya tipografi maupun ekspos pipa, yang rasanya sulit cocok diterapkan di ruang kecil.

Leo kemudian meminta bantuan desainer interior Ferry kosim dari Urbano Livings untuk mewujudkan hunian yang menggambarkan dirinya, dengan berbagai kendala yang ada. Di luas sekitar 30 m², pertama-tama Ferry mengubah penampilan ruang sehingga berkesan lebih “kasar”. Lantai yang semula keramik putih diubahnya menjadi lantai kayu.

sebagian dinding diganti rupa menjadi semen ekspos dan susunan bata.

Dinding sengaja tak diubahnya semua dan beberapa bidang dinding tetap dibiarkan putih mulus. demi mengurangi kesan sempit pada ruang yang akan muncul ketika menerapkan warna gelap dan tekstur kasar. “Dinding semen dan bata hanya menjadi aksen,” tegas Ferry. alasan yang sama berlaku untuk pemilihan lantai kayu warna terang.

Furnitur yang melengkapi ruang juga mendapat sentuhan gaya rustic. Misalnya pada kabinet TV yang dilengkapi rak-rak terbuka. kayu-kayu ambalannya dipulas gelap namun tetap menampilkan gurat kayunya. Pipa-pipa besi hitam menjadi pelengkap yang menguatkan kesan industrial.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI