Go-jek Headquarter, tampilan Indonesia yang kekinian

Majalah Idea - Edisi 181
4 Juni 2018

Majalah Idea - Edisi 181

Perpaduan unsur Indonesia dan dinamika kehidupan kota jadi inspirasi ruang kerja yang menarik / Foto : Melanie Tanusetiawan

Idea
Kantor kini tak lagi sekadar ruang kerja untuk karyawan di perusahaan. Semakin dinamisnya kegiatan perusahaan membuat karyawan tak jarang harus menghabiskan banyak waktu di tempat kerja. Tantangan inilah yang dihadapi Santi Alaysius, desainer interior dari Domisilium Studio, ketika mendesain kantor perusahaan aplikasi transportasi, Go-jek.

Bukan cuma suasana nyaman, Santi pun diminta oleh sang pemilik perusahaan untuk membuat desain area kerja yang cantik tetapi juga fungsional. Untuk mewujudkan desain yang diminta tersebut, Santi dan tim dari Domisilium menerapkan konsep open space di seluruh area. Beberapa ruang yang harus dibuat terpisah pun memiliki dinding yang terbuat dari kaca, sehingga tetap terasa terbuka.

Selain itu, pilihan palet warna pun jadi perhatian kala proses desain. Hijau menjadi warna wajib yang dituangkan ke dalam desain interior. Alasannya, tak lain tak bukan, karena hijau adalah ciri khas dari perusahaan ini. Di sinilah Santi mendapatkan tantangan berikutnya. “Warna hijau cukup sulit untuk dipadankan dengan warna lain supaya tampilannya tetap bagus,” ucap Santi.

Ia pun menyiasati pilihan palet dengan menggabungkan warna netral seperti cokelat kayu dan merah bata, serta sentuhan warna merah terang sebagai aksen. Paduan warna rupanya dirasa belum yang Kekinian cukup untuk menghadirkan suasana menyenangkan di ruang kerja. Selain permainan warna, kantor Go-jek juga menyediakan beberapa ruang rekreasi seperti area bermain, yang lengkap dengan meja ping-pong, dan ruang yoga.

Namun, meskipun untuk beristirahat sejenak dari penatnya kerja, ruang-ruang tersebut tetap bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kerja hingga rapat. “Ruang kerja itu yang penting fungsional dan nyaman. Nah, di sini saya membuat tiap ruang di kantor bisa untuk tempat bekerja,”ungkap Santi. Go-jek, sebagai perusahaan asli Indonesia, rupanya juga menginginkan konsep dengan rasa Indonesia di dalamnya.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI