Tampilkan di aplikasi

House As Tree Of Life, rumah si pecinta kayu

Majalah Idea - Edisi 181
4 Juni 2018

Majalah Idea - Edisi 181

Betapa nyamannya sebuah rumah yang dapat memberi naungan namun juga bernafas layaknya sebuah pohon. / Foto : Mansyur Hasan

Idea
Gunungan pada wayang menjadi inspirasi arsitek Andy Rahman ketika mendesain rumah tinggal ini. Pada gunungan terdapat gambar sebuah pohon kehidupan (tree of life) lengkap dengan hewan-hewan penghuni hutan, yang melambangkan dunia serta isinya.

Ini sekaligus sebagai pengingat betapa pentingnya peran pohon di bumi ini. Betapa manusia tidak bisa hidup tanpa pohon. Pohon merupakan penyedia berbagai kebutuhan manusia, mulai dari oksigen, makanan, hingga material bangunan. Pohon juga memberikan keteduhan melalui daunnya, memiliki batang yang berpori, sehingga dapat mengalirkan makanan ke seluruh penjuru tubuhnya.

Karakter pohon ini menjadi metafora dalam berarsitektur di wilayah tropis. Bagian atas bangunan menyediakan naungan yang optimal, namun dindingnya dapat mengalirkan udara dan cahaya matahari yang dibutuhkan penghuni. Kesadaran inilah yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk hunian ini.

Dinding berpori di rumah ini diwujudkan dengan penggunaan lubang angin (roster), sehingga udara dapat mengalir masuk melalui celahnya. Sinar mahatari pun dapat menerobos, namun dengan porsi yang tepat sehingga tidak menyilaukan.

Tema pohon menjadi semakin relevan dipilih sang arsitek, karena pemilik hunian ini adalah seorang pencinta kayu. Berpuluh-puluh tahun sang pemilik mengumpulkan bendabenda kayu, yang kemudian menjadi bagian tak terpisahkan dari desain hunian ini.

Tak sekadar sebagai pengisi rumah, kahadiran kayu di rumah ini juga memberi pelajaran bahwa kayu merupakan benda berharga yang harus dilestarikan dan digunakan dengan bijaksana. Kayu pun dapat mengajarkan nilai sejarah, karena dimanfaatkannya kayu-kayu tua, bahkan kayu fosil, seperti yang digunakan sebagai wastafel dan meja ruang tamu.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI