GAIA Beauty Lounge, tiga fungsi dalam satu bangunan

Majalah Idea - Edisi 181
4 Juni 2018

Majalah Idea - Edisi 181

Walaupun ukurannya mungil dan harus menampung tiga fungsi yang berbeda, bangunan ini jauh dari kesan sempit. / Foto : Mansyur Hasan

Idea
Bila dilihat dari desain fasad, bangunan ini tampak laiknya hunian pada umumnya. Namun, siapa sangka, bangunan yang diberi nama GAIA Beauty Lounge ini ternyata adalah bangunan komersil yang merangkap tiga fungsi sekaligus, yaitu tempat spa, salon, dan butik yang dikhususkan untuk wanita.

Penggabungan ketiga fungsi tersebutlah yang menjadi tantangan tersendiri bagi biro arsitek KSAD kala mendesain. Dengan luas yang terbatas, hanya 155 m2, sang arsitek harus memutar otak untuk membuat pembagian area yang jelas, namun tidak memberi kesan sempit. Fleksibilitas ketiga fungsi tersebut pun harus menjadi pertimbangan.

Solusinya adalah dengan membedakan material finishing lantai untuk zoning fungsi area salon, butik, dan area tunggu yang terletak di lantai 1. Untuk lantai area tunggu dan salon, sang arsitek menggunakan granite tile dengan pertimbangan mudah perawatannya.

Sementara, untuk butik, material karpet rumput sintetis dipilih sebagai pelapis lantai. Untuk menghilangkan kesan sempit, hampir semua area di lantai satu berupa open space yang tanpa sekat. Pengunjung yang datang disambut dengan area penerima yang simpel dan feminin, meja resepsionis dengan stool yang praktis dan tidak memakan tempat .

Disediakan juga area tunggu yang sekaligus menjadi spot favorit untuk selfie. Reflecting pool di sini berfungsi sebagai pendingin suasana, sementara tanaman artifisial untuk menambah kesan alami. Di lantai 1 ini, sang arsitek juga menciptakan catwalk runaway yang menjadi akses menuju area spa di lantai 2.

Berupa lantai vinil motif kayu yang dikombinasikan dengan batu koral putih, catwalk runaway ini dipadukan dengan dinding cermin. Selain membuat ruang menjadi berkesan luas, dinding cermin juga berfungsi menyembunyikan ruang servis yang berada di baliknya.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI