Membuat kolam renang di rumah

Majalah Idea - Edisi 184
3 September 2018

Majalah Idea - Edisi 184

Bila sistem pengairan dan material pembuat kolam renang sudah tepat, maka air kolam tidak perlu diganti selamanya. Kolam renang tetap bersih karena terdapat mesin penyaring yang membersihkan otomatis. / Foto : ABDUL HAKIM SANTOSO

Idea
Kolam renang bukan cuma tempat untuk berolah raga. Kolam renang di rumah juga menjadi elemen pemercantik yang spesial untuk ruang luar. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan membuat kolam renang di rumah Anda.

Bila perencanaan desain kolam renang dan elemen pelengkapnya direncanakan dengan baik dan cermat, maka kolam renang akan lebih mudah dirawat. Beberapa hal ini perlu diperhatikan menurut Ronald, arsitek dan kontraktor Ciptaneka sekaligus pemilik rumah dengan kolam renang, antara lain ukuran, sistem aliran air, listrik, dan kelengkapan lainnya di sekitar kolam.

Ukuran Lahan & Jenis Kolam Menurut Ronald, ukuran ideal dari kolam renang di rumah adalah panjang minimal 6 meter dengan lebar minimal 2 meter. Ukuran tersebut bisa diaplikasikan untuk lahan sebesar 8 m x 10 m. Sementara bila lahan lebih terbatas, desain kolam renang arus bisa jadi pilihan.

“Kolam arus dibuat semacam treadmill, jadi seakan-akan penggunanya bergerak ketika berenang padahal arus airnya yang bergerak,” ungkap Ronald. Desain & Sistem Pengairan Terdapat 2 jenis sistem untuk kolam renang di rumah, yakni sistem overflow dan skimmer.

Sistem overflow adalah sistem di mana air mengalir dan melimpah ke penjuru tepi kolam. Sistem ini juga biasa digunakan untuk kolam renang berdesain tanpa pinggiran atau infinity pool.

Menurut Ronald, desain ini kurang cocok untuk lahan yang sempit karena membutuhkan area besar untuk meletakkan balancing tank, alat untuk sirkulasi air kolam renang.

Sementara sistem skimmer adalah kebalikan dari sistem overflow, di sini air tidak akan keluar dari kolam. Sistem ini lebih sederhana dan cocok untuk lahan terbatas karena tidak memerlukan balancing tank.

Majalah Idea dapat dibaca di aplikasi smartphone & tablet Android.

Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya    Beli
DARI EDISI INI