Tampilkan di aplikasi

Wadah praktis untuk persiapan masak

Majalah Idea - Edisi 186
24 Oktober 2018

Majalah Idea - Edisi 186

Pisahkan bahan mentah ke dalam wadah-wadah yang ukurannya sesuai dengan bahan mentah tersebut. / Foto : Sumber: AstriPujiLestari.com

Idea
Food preparation atau sering disingkat menjadi foodprep kini tengah menjadi tren di kalangan ibu-ibu muda. Foodprep adalah metode menyiapkan atau mengatur bahan makanan untuk suatu periode, misalnya bulanan, mingguan, atau tiga harian. Bahan makanan tersebut, seperti buah, sayur, daging, ikan, dan bumbu dapur, dibersihkan menjadi bahan siap masak. Kemudian, bahan-bahan itu dimasukkan ke dalam wadah-wadah kedap udara untuk disimpan dalam lemari es. Biasanya, foodprep dilakukan pada awal bergulirnya periode tersebut.

Astri Puji Lestari, ibu muda yang juga seorang arsitek, yang giat melalukan foodprep, mengatakan bahwa dengan metode ini, waktu memasak lebih efektif karena bahan makanan sudah disiapkan sebelumnya. Repot sedikit di awal, tapi jadi lebih cepat dalam proses memasak selama satu sampai dua minggu ke depan,” ujarnya.

Untuk menyimpan bahan makanan tersebut, dibutuhkan wadah atau food container. Rina Sudiana, Product Manager Tupperware Indonesia, mengatakan, wadah harus yang berkualitas tinggi dan bermaterial food grade sehingga aman bersentuhan dengan bahan makanan. Menurutnya, wadah tersebut juga harus kedap udara. “Wadah dengan desain seal yang ketat sangatlah penting. Dengan desain yang kedap udara tersebut, makanan di dalamnya dapat terjaga kesegarannya,” ujar Rina.

Dari sisi material, food container biasanya terbagi menjadi dua, yaitu kaca dan plastik. Keduanya bisa dipilih sesuai dengan bahan makanannya. Artini Asputri, Public Relation Lock&Lock Indonesia, mengatakan, pilihlah wadah sesuai kebutuhan dan juga disesuaikan dengan bahan makanananya. “Misalnya, untuk yang praktis langsung bisa masak di microwave atau oven pilih yang berbahan kaca. Jika bahan makanan mengandung kunyit, kari, rempah-rempah, dan rendang lebih baik memakai bahan kaca agar tidak meninggalkan noda membekas di food container,” ujarnya.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI