Tampilkan di aplikasi

Inspirasi ragam partisi

Majalah Idea - Edisi 200
27 Desember 2019

Majalah Idea - Edisi 200

Corak batik tak hanya bisa diwujudkan dalam bentuk kain saja, tetapi sudah banyak diadaptasi dalam bentuk lain, seperti partisi di antara ruang tamu dan ruang makan ini. Ukiran batik yang cantik ini berpadu indah dengan gaya klasik yang elegan.

Idea
Partisi tidak hanya berfungsi sebagai elemen pemisah antarruang. Partisi juga kerap dijadikan aksen dekoratif sehingga tak jarang didesain dengan bentuk dan pola menarik. Berikut ini berbagai inspirasi partisi untuk hunian yang dapat Anda curi idenya.

Partisi yang memisahkan ruang tamu dengan ruang makan terbuat dari kayu berbahan multipleks dengan finishing cat putih. Desainnya dibuat berbentuk kotak-kotak berongga sehingga tembus pandang. Meski dibatasi oleh partisi, kedua ruangan tidak terkesan sempit. Guna memisahkan dua fungsi ruang yang berbeda—ruang keluarga dan ruang kerja—partisi berupa jajaran balok kayu digunakan di area semipublik ini. Jajaran kayu ini tidak“terpisah” antara satu sama lain, karena tersambung oleh rak simpan berwarna putih setinggi kurang dari 1m. Selain itu, balok-balok ini pun disatukan oleh “rongga” yang juga bisa dipakai sebagai area simpan dan rak pajang. Multifungsi, bukan?

Corak batik tak hanya bisa diwujudkan dalam bentuk kain saja, tetapi sudah banyak diadaptasi dalam bentuk lain, seperti partisi di antara ruang tamu dan ruang makan ini. Ukiran batik yang cantik ini berpadu indah dengan gaya klasik yang elegan. Partisi ini terlihat elegan dengan tampilan putihnya. Agar tak menampakkan tampilan yang masif, dibuat desain berlubang dengan cara laser cutting. Credenza ditempatkan di sisi depan untuk mempercantik tampilan dan sekaligus sebagai tempat pajang aksesori.

Partisi yang tersusun dari bilahbilah kayu vertikal ini memisahkan musala kecil dengan ruang tidur. Partisi dibuat dari multipleks yang dilapisi dengan veneer bermotif kayu yang senada dengan motif yang mendominasi ruang tidur. Ambalan yang melekat pada bilah-bilah kayu membuat partisi jadi lebih dinamis, sekaligus berfungsi sebagai area pajang yang mempercantik ruang.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI