Tampilkan di aplikasi

Ruang kerja bertema etnik bermandikan cahaya

Majalah Idea - Edisi 201
28 Januari 2020

Majalah Idea - Edisi 201

Cahaya alami mengubah kesan gelap dan suram pada bangunan bertema etnik Jawa dengan dominasi kayu ini. / Foto : MastaKa studio

Idea
Konsep rumah atau hunian yang menerapkan desain tradisional Jawa memang selalu bikin jatuh hati. Secara umum, ciri khas dan karakteristiknya tampak tegas terlihat walaupun diaplikasikan pada berbagai jenis gaya hunian. Detail dekorasi pada rumah tradisional Jawa dapat menyatu dengan fleksibel. Otomatis membuat rumah menjadi tampak unik dan berbeda dari yang lain. Nah, unsur apa saja yang perlu ada ketika memadukan desain tradisional Jawa ke rumah modern masa kini? Yuk simak bangunan satu ini.

Bangunan pendopo karya Mastaka Studio dengan luas kurang lebih 54 m2 ini terdiri dari ruang kerja, toliet, dan mezzanine. Yang membuatnya kian menarik adalah sentuhan modern pada tema Jawa yang kental dipadukan gaya modern dan juga pencahayaan yang pas. Menurut desainer yang merancang, bangunan ini sengaja dipisah dengan bangunan utama agar fungsinya lebih terjaga. Keunikan bangunan Jawa ini juga terihat dari pencahayaan yang dihadirkan.

Pencahayaannya sengaja dibuat alami dan memaksimalkan cahaya matahari. Terasa begitu sejuk dengan konsep terbuka yang diterapkan. Bagi yang datang akan ditawarkan pemandangan indah dari bagian ruang luar bangunan. Furnitur bermaterial natural juga menjadi pendukung konsep tropis. Kayu jati, kemudian dinding batu alam, ada pula langit-langit gedek dan juga material tropis lainnya yang ada di bangunan ini.

Pemilik rumah sempat berbagi kepada desainer untuk menjaga konsep Jawa etnik sesuai yang ia inginkan, tetapi tidak melupakan konsep fungsional dan kepraktisan. Jadi, mudah bukan menerapkan konsep etnik Jawa di Rumah?
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI