Tampilkan di aplikasi

Desain rumah anti-bocor

Majalah Idea - Edisi 201
28 Januari 2020

Majalah Idea - Edisi 201

Rumah sebagai tempat manusia membangun kehidupannya harus dirancang dengan memerhatikan keseimbangan antara fisik bangunan, alam, dan manusia sebagai penghuninya.

Idea
Hidup di negara yang beriklim tropis merupakan suatu anugerah. Panas dan hujan yang berlimpah dapat kita rasakan setiap saat tanpa harus membayar. Namun, kelimpahan panas dan hujan ini, tentu saja harus disiasati agar tak berbalik menjadi sesuatu yang merugikan. Rumah, sebagai tempat bernaung, selayaknya menjadi pelindung bagi penghuninya dari segala pengaruh cuaca.

Agar fungsi ini benar-benar bisa dirasakan, maka langkah pertama yang paling penting adalah perencanaan desain yang tepat untuk rumah. Pemilihan desain dan bentuk, jenis material, dan juga perawatannya harus dilakukan agar rumah yang kita bangun dapat melakukan peran sebagai pelindung. Hujan dan panas serta kelembapan udara yang tinggi yang menjadi ciri khas negara beriklim tropis harus direspon dengan benar. Salah mengantisipasi, maka hujan dan panas ini dapat berpotensi menghilangkan kenyamanan rumah, serta memunculkan akibat negatif lainnya.

Keindahan bangunan pun akan luntur dalam waktu cepat. Perbaikan rumah karena adanya kerusakan tentu akan menuntut konsekuensi biaya yang acap tak sedikit. Bahkan, bisa lebih mahal dari biaya membangunnya. Tak hanya menyangkut biaya, pengerjaan atau solusinya pun akan sangat susah. Memperbaiki apa yang sudah jadi memang akan lebih sulit daripada membuat yang benar dari awal.

Dari sekian banyak masalah yang terjadi pada bangunan rumah, masalah yang diakibatkan oleh hujan dan aliran air yang ditimbulkannya, paling sering terjadi dan membuat begitu banyak kerugian fisik maupun psikis.

Bagaimana desain rumah ideal, yang dapat merespon dengan baik datangnya hujan, akan kami bahas di edisi ini ini. Tiga elemen utama yang membentuk bangunan yaitu atap, dinding, dan lantai, menjadi fokus pembahasan. Kesempurnaan desain dari ketiga elemen ini akan menjadikan rumah aman, nyaman ditinggali, dan memberi perlindungan maksimal bagi penghuninya.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI