Tampilkan di aplikasi

Nyaman dengan sentuhan personal

Majalah Idea - Edisi 202
2 Maret 2020

Majalah Idea - Edisi 202

Apartemen

Idea
Kenyamanan di sebuah hunian tidak ada patokan bakunya. Bisa jadi sebuah desain yang nyaman bagi seseorang, dirasa sama sekali tidak nyaman bagi orang lainnya. Di sinilah kepiawaian seorang desainer interior diuji agar menghasilkan karya yang dapat memenuhi kebutuhan sekaligus memasukkan unsurunsur personal khas penghuni rumah.

Apartemen di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat, ini menawarkan sederet tantangan bagi sang desainer, Steven Tanzil dari Koerie Design. Pemilik apartemen ini punya hobi traveling, juga food photography. Di sini mereka tinggal bersama kedua anaknya yang masih balita.

“Desain selalu disesuaikan dengan permintaan klien,” ujar Steven, menjelaskan awal pendekatan yang dilakukannya saat mendesain unit apartemen dua kamar ini. Secara umum, kliennya kali ini meminta perpaduan konsep Skandinavia dan Jepang. Ini kemudian diterjemahkan Steven dalam warna, furnitur, serta material yang digunakan di apartemen ini.

Dominasi putih ditemukan di sini. Kontras antara warna putih dan wujud alami kayu yang ada di sebagian besar elemen ruangnya menegaskan sentuhan Skandinavia yang dipilih. Pun bentukbentuk loose furniture-nya yang ramping. Perpaduan putih dan kayu ini salah satunya terdapat pada dapur yang menyatu dengan ruang makan serta kamar tidur.

Walaupun banyak menggunakan warna putih, Steven memainkan perpaduan material yang digunakan. “Saya suka mengkontraskan material, antara yang halus dan yang kasar. Jadi walaupun sama warnanya, teksturnya berbeda-beda,” jelasnya.

Dinding putih yang ada di apartemen ini menghadirkan tantangan lain bagi sang desainer. “Dinding putih yang lebar itu challenging banget. Mau diisi apa?” ujar Steven.

Penambahan aksesori yang khas menjadi jalan keluarnya. Hobi pemilik rumah pun dapat terakomodasi di bidang ini. Salah satu contohnya adalah dinding bata putih yang diisi susunan foto-foto traveling. Hunian jadi terasa begitu personal.
Majalah Idea di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI