Tampilkan di aplikasi

Android makin mendominasi

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2016
16 Desember 2016

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2016
Infokomputer
Sebuah statistik yang dikumpulkan oleh Google pada awal bulan September 2016 lalu menunjukkan bahwa Android Marshmallow memiliki pertumbuhan yang cukup lumayan jika dibandingkan dengan akhir kuartal kedua 2016 yang berada di angka 13,3 persen. Banyaknya smartphone baru yang diluncurkan dengan menggunakan sistem operasi ini membuat penggunaannya kian meningkat.

Namun demikian, Android 5.0 dan 5.1 yang berkode Lollipop saat ini masih menjadi sistem operasi yang paling populer. Jika dijumlahkan, saat ini terdapat sekitar 35 persen perangkat Android yang menggunakan sistem operasi yang dirilis pada tahun 2014 tersebut.

Bahkan, sistem operasi Android 4.4 KitKat pun ternyata masih memiliki jumlah pengguna yang cukup besar. Saat ini, masih terdapat sekitar 27,7 persen perangkat yang masih menggunakan sistem operasi yang pertama kali diperkenalkan bersamaan dengan smartphone Google Nexus 5 tersebut. Tampaknya, banyak smartphone dan komputer tablet yang tidak mendapatkan pembaruan ke versi 4.4 karena produsen tak lagi merilis pembaruan untuk produk tersebut. Sementara versi-versi Android yang lebih lawas seperti Jelly Bean (4.1, 4.2, dan 4.3) masih digunakan oleh sekitar 15,6 persen perangkat.

Sementara itu, sistem operasi Android secara umum kian mendominasi pasar smartphone di dunia. Berdasarkan data dari Strategy Analytics, pada akhir kuartal ketiga tahun 2016, tercatat sebanyak 328,6 juta perangkat Android yang dikirimkan ke pasaran. Ini tumbuh sebanyak 10,3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI