Tampilkan di aplikasi

Microsoft tablet PC

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2016
16 Desember 2016

Majalah Infokomputer - Edisi 12/2016
Infokomputer
Bukan, ini bukan membicarakan soal Microsoft Surface, komputer tablet buatan Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2012.

Ini adalah Microsoft Tablet PC yang dirilis pada tahun 2000, sepuluh tahun sebelum iPad. Ini adalah contoh sebuah inovasi yang terlalu maju melampaui zamannya dan gagal, namun sekian tahun kemudian justru keberhasilannya dicuri oleh pesaing.

Tablet PC yang pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 2000 masih berwujud purwarupa. Perangkat itu telah dilengkapi dengan layar sentuh, hanya saja jumlah warnanya masih terbatas. Justru warna fisik perangkatnya yang lebih mencolok. Microsoft baru benar-benar merilis Tablet PC pada tahun 2002.

Tablet PC sendiri diproduksi oleh perusahaan lain yang lebih berpengalaman dalam pembuatan perangkat keras.

Purwarupa Tablet PC pada tahun 2000 dibuat oleh Lenovo, sedangkan Tablet PC yang diluncurkan pada tahun 2002 adalah produksi Fujitsu.

Tablet PC yang dibuat oleh Fujitsu telah memiliki peningkatan cukup signifikan dibandingkan purwarupa. Salah satunya adalah layar dengan jumlah warna yang lebih banyak dan lebih “alami”.

Mengapa Tablet PC gagal? Salah satu penyebabnya adalah sistem operasi yang digunakan, yaitu Windows XP. Ya, Windows XP memang salah satu sistem operasi terbaik pada zamannya, tetapi untuk digunakan di PC desktop, bukan di Tablet PC. Pada Tablet PC, Windows XP terasa “berat” dan pengoperasiannya juga sebenarnya tidak dirancang untuk layar sentuh.

Beberapa produsen yang kemudian mengikuti Fujitsu untuk memproduksi Tablet PC juga lebih memilih bermain aman dengan membuat komputer tablet hybrid alias notebook yang layar monitornya bisa diputar sedemikian rupa sehingga menjadi komputer tablet. Ini mirip dengan perangkat 2 in 1 masa sekarang.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI