Tampilkan di aplikasi

Dahsyatnya machine learning

Majalah Infokomputer - Edisi 1/2017
11 Januari 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 1/2017

Kian banyak kisah yang menunjukkan implementasi machine learning berhasil mengefi sienkan proses bisnis dan meningkatkan pendapatan. Itulah mengapa tiap perusahaan harus mulai memikirkan implementasi machine learning. / Foto : Istimewa

Infokomputer
Membedakan foto sepatu dan baju adalah sebuah pekerjaan yang sangat mudah dilakukan manusia. Namun bagaimana jika ada jutaan foto yang harus disortir? Masalah seperti ini benar dialami oleh Lazada.

Setiap produk yang dipampang di platform mereka harus diperiksa dan diverifi kasi. “Apakah kualitas fotonya bagus? Apakah nama produknya akurat? Setelah itu, kami harus menempatkannya di kategori produk yang tepat” cerita John Berns (SVP Head of Data Science Lazada).

Awalnya, Lazada melakukan proses tersebut secara manual oleh manusia. Namun mengingat setiap tahun ada 30 juta foto yang harus diolah, proses manual tersebut menuntut waktu dan tenaga yang tak sedikit. Hal inilah yang mendorong Lazada untuk membangun sistem berbasis teknologi machine learning. “Sistem ini bisa melihat gambar, menganalisis, lalu menaruhnya di kategori yang tepat” lanjut Berns.

Ketika dilakukan secara manual, proses verifi kasi biasanya berlangsung 30 detik Namun ketika menggunakan sistem berbasis machine learning, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 5-6 detik. Akurasi sistem tersebut juga bisa diandalkan. “Sekitar 90% produk dapat diklasifi kasikan berdasarkan machine learning, sementara sisanya masuk ke dalam suggestion untuk diproses secara manual” tambah Berns.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI