Tampilkan di aplikasi

Dulu raja kini tiada

Majalah Infokomputer - Edisi 1/2017
11 Januari 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 1/2017

Pepatah yang mengatakan “berubahlah atau terlindas oleh perubahan” ternyata berlaku juga di dunia teknologi informasi. Apalagi laju perubahan di bidang ini relatif sangat cepat. / Foto : Yahya Kurniawan

Infokomputer
Ambil contoh, pengguna komputer generasi sekarang tentu tidak asing lagi dengan perangkat lunak semacam Microsoft O ce, Adobe Photoshop, 7-Zip, dan Mozilla Firefox. Contoh perangkat lunak yang disebutkan tadi adalah perangkat lunak yang mampu terus mengikuti derap langkah perubahan zaman. Terbukti telah belasan bahkan puluhan tahun sejak versi pertama perangkat lunak tersebut diluncurkan, nama-nama tersebut tetap mudah dijumpai pada komputer.

Bagai dua sisi mata uang, di sisi lain cerita keberhasilan ada cerita kegagalan. Beberapa perangkat lunak yang pada zamannya layak disebut raja karena popularitasnya, kini namanya tak lagi terdengar, malahan sebagian di antaranya memang sudah tak lagi diproduksi.

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa perangkat lunak yang dulu sempat jadi raja, namun kini pelajaran wajib di lembaga kursus komputer atau pada kegiatan ekstra kurikuler sekolah.

WordStar dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama MicroPro International dan aslinya dikembangkan untuk sistem operasi CP/M.

WordStar 1.0 for CP/M lahir pada tahun 1978. MicroPro International saat itu dipimpin oleh seorang pengusaha bernama Seymour Rubenstein.

Dengan harapan lebih sukses secara komersial, WordStar dikembangkan agar bisa berjalan juga di atas sistem operasi DOS. Ini terjadi pada tahun 1982, dimulai dari WordStar 3.0. Terbukti, WordStar naik daun dengan cepat dan menjadi pengolah kata favorit.

Apa yang menyebabkan WordStar disukai? Alasan yang dikemukakan adalah karena WordStar telah menggunakan konsep WYSIWYG (what you see is what you get). Apa yang tampil pada “kertas” di layar WordStar, itu pula yang akan didapatkan ketika nantinya dicetak. Meskipun sebenarnya klaim ini bisa dipertanyakan mengingat beberapa karakter perintah masih tetap muncul di layar, misalnya ^B yang akan mengapit teks yang hendak ditebalkan.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI