Tampilkan di aplikasi

Menuju 5G

Majalah Infokomputer - Edisi 1/2017
11 Januari 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 1/2017

Agar mencapai target menghadirkan teknologi mobile generasi kelima alias 5G untuk konsumen mulai tahun 2020, beberapa perusahaan bekerja sama melakukan uji coba terhadap teknologi masa depan ini.

Infokomputer
Baru saja Intel, AT&T, dan Ericsson mengumumkan kerja sama untuk menguji coba 5G. Uji coba teknologi mobile generasi kelima ini dilakukan di fasilitas milik Intel yang berada di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Uji coba yang dilakukan tersebut mengambil model penggunaan yang umum di perusahaan seperti untuk mengakses internet, VPN (virtual private network), aplikasi komunikasi, dan video streaming dengan resolusi 4K.

Menurut NGMN (Next Generation Mobile Networks) Alliance yang menangani 5G, teknologi masa depan tersebut memang ditujukan sebagai sistem end-to-end sehingga melibatkan berbagai model penggunaan.

Untuk model penggunaan di perkantoran misalnya, NGMN Alliance memperkirakan di kantor masa depan kebanyakan perangkat akan terhubung secara nirkabel, dan 5G-lah yang akan menjadi teknologi nirkabel yang digunakan. Oleh karena itu dalam skenario ini, 5G misalnya harus bisa menangani komunikasi video, berbagai aplikasi yang haus bandwidth, dan lainnya untuk banyak pengguna. Dengan kata lain, kondisinya seperti yang diuji coba oleh Intel, AT&T, dan Ericsson.

“Intel berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemimpin industri untuk mengembangkan teknologi dan solusi yang unggul yang mempercepat kesiapan jaringan untuk kesuksesan peluncuran 5G yang lebih cepat,” ujar Aicha Evans (Corporate Vice President and General Manager of the Communications and Devices Group, Intel Corporation).
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI