Tampilkan di aplikasi

Hadir di Indonesia pengingat lokasi parkir berbasis Google Maps

Majalah Infokomputer - Edisi 5/2017
18 Mei 2017

Majalah Infokomputer - Edisi 5/2017

Anda mungkin pernah mengalami kejadian saat lupa lokasi parkir mobil. Kalau lapangan parkirnya kecil, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Namun, jika tempat parkir tersebut besar dan bertingkat, lupa akan lokasi parkir akan membuat Anda membuang banyak waktu.

Infokomputer
Google telah menambahkan fi tur pencarian parkir pada aplikasi Google Maps guna mengatasi permasalahan tadi. Kemampuan mengingat lokasi parkir sendiri sebenarnya telah diperkenalkan Google pada beberapa waktu lalu. Hanya saja, kemampuan ini masih terbatas untuk wilayah dan negara tertentu saja. Nah, pada versi terbaru Google Maps, fi tur tersebut kini sudah bisa dijajal oleh pengguna di Indonesia.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan apa yang ada di Apple Maps. Apple telah memperkenalkan fi tur ini saat menghadirkan iOS 10 kurang lebih setahun lalu. Selain Google Maps bagi pengguna Android, fi tur ini juga tersedia bagi pengguna iOS. Penggunaannya juga sangat mudah. Pada awalnya, pengguna harus menentukan lokasi parkir kendaraan sebelum meninggalkan area parkir.

Caranya dengan menekan titik biru di aplikasi Google Maps yang merupakan penanda lokasi mobil saat pengguna berada di lokasi tersebut. Nantinya, akan tampil menu yang salah satunya menampilkan pilihan Save Your Parking.
Selanjutnya, pengguna tinggal menambahkan informasi yang ingin ditampilkan, seperti posisi mobil dan posisi lantai parkir. Pengguna juga bisa menambahkan informasi berupa lokasi parkir untuk membantu mengingat keberadaan sekeliling. Selain sebagai pengingat lokasi, ada tambahan fi tur lain yang menarik.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI