Tampilkan di aplikasi

Siap bersaing di era experience economy

Majalah Infokomputer - Edisi 10/2018
2 Oktober 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 10/2018

Era digitalisasi bukan cuma soal memanfaatkan teknologi, namun juga meningkatkan pengalaman konsumen. Karena itu, bersiaplah menyambut era experience economy.

Infokomputer
KetiKa berbicara tentang disrupsi yang dilakukan perusahaan digital seperti Uber atau AirBnB, kita seringkali fokus pada pembahasan teknologi.Padahal jika ditilik lebih dalam, teknologi sebenarnya hanyalah alat. “Yang lebih penting adalah bagaimana teknologi memberikan pengalaman lebih baik kepada konsumen” ungkap Keerti Melkote (pendiri dan CEO Aruba Networks).

Keerti mengatakan hal tersebut saat membuka Aruba APAC Atmosphere 2018 yang berlangsung di Bangkok, Thailand. Di depan InfoKomputer dan ratusan peserta konferensi, Keerti menekankan pentingnya menghadirkan pengalaman terbaik bagi konsumen. “Karena sekarang kita memasuki era yang disebut Experience Economy” ungkap Keerti. Di era seperti ini, konsumen hanya akan memilih produk atau platform yang mampu menghadirkan pengalaman lebih baik.

Manfaatkan teknologi. Kemajuan teknologi saat ini sebenarnya membuka peluang untuk menghadirkan next generation experience. Keerti menunjuk industri perhotelan sebagai salah satu contohnya. “Saat ini, hotel masih menggunakan teknologi 90-an ketika tamu harus mengantri di front desk setiap kali melakukan check-in” ungkap Keerti.

Padahal kemajuan teknologi saat ini sebenarnya memungkinkan pengalaman yang lebih memudahkan bagi konsumen. Hotel Grand Park City Hall di Singapura, misalnya, memadukan teknologi face recognition, Bluetooth Low Energy, dan selfi e sehingga tamu bisa checkin dan masuk ke kamar tanpa harus ke front desk.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI