Tampilkan di aplikasi

Teknologi jaringan generasi terbaru perlu sokongan fondasi digital mutakhir

Majalah Infokomputer - Edisi 10/2018
2 Oktober 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 10/2018

Teknologi mobilitas mutakhir 5G siap hadir dengan kecepatan yang luar biasa. Bagi konsumen, dengan kecepatan setinggi ini, mengunduh film berkualitas HD sekalipun bisa tuntas dalam waktu sekejap.

Infokomputer
Teknologi baru ini menghadirkan kemungkinan-kemungkinan baru yang tak terbatas. Terbayang bagaimana aplikasi-aplikasi virtual reality dan augmented reality kini bisa digelar hanya dalam waktu singkat, atau bagaimana robot-robot industri akan mampu mengompensasi segala kekurangan yang dimiliki oleh tenaga kerja manusia, atau bagaimana perangkatperangkat terkoneksi di rumah bisa merespons setiap perintah, meskipun itu dilakukan dari jarak jauh.

Bagi penyedia layanan telekomunikasi atau communications service provider (CSP), yang selama ini dianggap sebagai yang terdepan dalam hal teknologi mobilitas, implikasi kehadiran teknologi tersebut bagi mereka tentu sangat besar. Dalam kurun satu dekade belakangan, tak sedikit penyedia layanan telekomunikasi yang telah menggeser perannya, bahkan sampai pada penyediaan utilitas perpipaan.

Di sisi lain, para disruptor bisnis mereka mulai bermunculan dan makin gencar memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi yang ada untuk meraup keuntungan seoptimal mungkin. Perusahaan-perusahaan baru berbasis internet, seperti penyedia content, kian gencar mengoptimalkan pemanfaatan actionable data, serta menghadirkan inovasi dan layanan pelanggan model baru dengan sangat cepat.

Bahkan lebih cepat dari sebelumnya, berkat dukungan sebuah fondasi digital untuk jaringan, yang kini sarat dengan kapabilitas mutakhir Bertepatan dengan diloloskannya spesifikasi pertama teknologi 5G, terbukalah peluang baru bagi CSP untuk segera melakukan transformasi dalam menyuguhkan produk dan layanan baru bagi pelanggan.

Teknologi 5G mendukung penyedia layanan telekomunikasi mampu unjuk kegesitan dan memiliki tingkat skalabilitas tinggi dalam menyuguhkan layanan dan meluncurkan aplikasi-aplikasi baru, serta meraih daya saing tinggi berkat keberhasilannya menyuguhkan layanan prima kepada pelanggan.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI