Tampilkan di aplikasi

Pentingnya data bagi perusahaan retail

Majalah Infokomputer - Edisi 01/2019
29 Desember 2018

Majalah Infokomputer - Edisi 01/2019

Bakmi GM kini merombak program loyalitasnya agar bisa mengenali konsumennya dengan lebih baik, sekaligus memberikan layanan lebih optimal. / Foto : Abdul Aziz

Infokomputer
Pada kuartal II 2018, perekonomian Indonesia tumbuh 5,27% atau tertinggi dalam lima tahun terakhir. Salah satu penyumbang pertumbuhan tersebut adalah sektor restoran. Hal ini selaras dengan temuan lembaga riset Bernstein yang mengungkap fakta bahwa segmen milenial memiliki frekuensi makan di restoran lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Fenomena ini tentunya menjadi peluang bagus bagi industri retail restoran, termasuk Bakmi GM. Apalagi dengan jumlah pengunjung 30 ribu per hari, Bakmi GM memiliki modal berharga untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk dapat menangkap peluang tersebut, Bakmi GM pun melakukan berbagai inovasi.

Salah satunya adalah membenahi program loyalitas pelanggan yang selama ini terbilang manual. “Sebelum ini Bakmi GM menggunakan sistem stempel untuk program loyalitas,” ungkap Tammy Tanumihardja, Business Development Director, Bakmi GM. Setiap transaksi senilai Rp50 ribu akan mendapatkan satu stempel. Stempel yang berhasil dikumpulkan itu kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah gratis yang disediakan Bakmi GM.

Namun, metode ini memiliki keterbatasan. Dari sisi pelanggan, mereka harus membawa kartu untuk mengumpulkan stempel. Sementara bagi manajemen Bakmi GM, sistem stempel tidak dapat merekam perilaku dan kebiasaan pelanggan saat bertransaksi di Bakmi GM. Berangkat dari keterbatasan tersebut, Bakmi GM pun merombak program loyalitasnya.

Pelanggan cukup menyebutkan nomor ponselnya, lalu poin pun langsung ditambahkan ke akun pengguna. Di kemudian hari, poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan programprogram menarik. Selain lebih praktis bagi pelanggan, cara ini juga meningkatkan kemampuan Bakmi GM untuk mengenali karakteristik pelanggannya.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI