Tampilkan di aplikasi

Potensi besar bisnis chatbot di Indonesia

Majalah Infokomputer - Edisi 03/2019
4 Maret 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 03/2019

Aplikasi berbasis percakapan chatbot mulai menjadi tren di pasar enterprise Indonesia. / Foto : COMiCZ-iStock

Infokomputer
Akhir-akhir ini, aplikasi berbasis percakapan chatbot mulai menjadi tren di pasar enterprise Indonesia dan perusahaan berlomba-lomba untuk menghadirkan layanan chatbot di platformnya. Aplikasi chatbot mampu menjawab tuntutan pelanggan yang terus meningkat, mengingat sebagian besar pelanggan sudah melek teknologi. Apalagi, masyarakat Indonesia cenderung memilih menggunakan aplikasi pesan WhatsApp untuk berkomunikasi daripada melakukan telepon.

Sonny Hastomo, CEO PT Inmotion Inovasi Teknologi (InMotion) mengatakan chatbot menghadirkan peluang bisnis yang besar di Indonesia karena perusahaan-perusahaan sudah melirik chatbot yang dipandang mampu meningkatkan brand penjualan dan pelayanan mereka. Apalagi, pelanggan menginginkan solusi yang cepat dan mudah melalui perangkat teknologi yang ada di genggamannya.

“Chatbot dapat meningkatkan efisiensi perusahaan karena mampu melakukan tugas customer service. Sebesar 70 persen pertanyaan awal pelanggan selalu sama dan ini bisa dilakukan oleh chatbot,” katanya di sela-sela peluncuran chatbot Toyota Auto 2000 di Jakarta. Potensi lainnya, saat ini pelanggan menginginkan solusi atau jawaban yang cepat, mudah dan sederhana yang datang dari ponsel mereka. Aplikasi chatbot pun mampu menjawab kebutuhan tersebut.

“Tren ke depan, semuanya sudah otomasi dan peluang chabot sungguh besar,” ucapnya. Saat ini, InMotion yang menawarkan solusi 3Dolphins Social CRM (SRM) fokus mengincar pasar chatbot enterprise di Indonesia dan sudah memiliki pelanggan dari sektor pemerintah, otomotif, perbankan, dan hospitality . 3Dolphins tumbuh 450 persen dibanding tahun lalu.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI