Tampilkan di aplikasi

Gadget dapat lenyapkan kekuatan super abad 21

Majalah Infokomputer - Edisi 04/2019
10 April 2019

Majalah Infokomputer - Edisi 04/2019

Ketagihan menggunakan gadget ternyata bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan deep work.

Infokomputer
Belum lama ini ramai diberitakan CEO Amazon, Jeff Bezos, menerima surel berisi pemerasan dari sebuah media yang memiliki foto-foto intimnya sedang bersama kekasihnya.

Yang menarik perhatian adalah beberapa kali dalam foto-foto tersebut Jeff terlihat sedang memegang ponsel, bahkan pada saat-saat paling intim. Berikut ini adalah petikan surel tentang isi foto yang diambil dari tulisan Jeff Bezos di Medium.com:

· A shirtless Mr. Bezos holding his phone in his left hand—while wearing his wedding ring. He’s wearing either tight black cargo pants or shorts…

· A full-length body selfie of Mr. Bezos wearing just a pair of tight black boxer-briefs or trunks, with his phone in his left hand—while wearing his wedding ring.

Almarhum Nukman Luthfie, seorang pakar media sosial, pernah berkelakar, zaman sekarang sepertinya jarang orang yang kecopetan ponsel. Pasalnya, ponsel selalu dipegang dan dipelototi terus-menerus. Sementara itu, frekuensi penggunaan ponsel sudah dalam tahap yang cukup mengkhawatirkan hingga ada orang yang merasakan serangan panik apabila harus berpisah dengan ponselnya meski hanya sehari.

Menurut sebuah penelitian dari Digital GFK Asia pada tahun 2016, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 5,5 jam bermain ponsel mulai dari bangun hingga beranjak tidur. Studi yang dilakukan Nottingham Trent University menunjukkan ratarata orang memeriksa ponsel 85 kali dalam sehari. Penelitian lain dari Majalah Marie Claire pada tahun 2018 secara khusus pada 600 perempuan menunjukkan, rata-rata perempuan mengecek ponselnya setiap tujuh menit.
Majalah Infokomputer di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI